Berita

Menurut Ahli, Ini Batas Konsumsi Mi Instan dalam Seminggu…

×

Menurut Ahli, Ini Batas Konsumsi Mi Instan dalam Seminggu…

Share this article


Mi instan merupakan makanan favoritnya sejuta umat. Baik itu tua-muda, perempuan dan laki-laki, semua menyukainya.

Hal ini tak terlepas dari rasa yang enak, variannya yang beragam, harga murah, dan mengenyangkan. Ditambah, waktu penyajiannya yang singkat juga membuat mi instan jadi alternatif saat lapar tiba-tiba melanda. 

Karena jadi favorit inilah, sering kali membuat penikmatnya berulang menyantap mi instan. Namun, perlu diingat juga kalau mi instan tidak sehat apabila dikonsumsi terlalu sering. 

Nah, contohnya dalam seminggu, berapa kali sih mi instan boleh dikonsumsi? 

Batas Konsumsi Mi Instan dalam Seminggu…

Ini batasan konsumsi mi instan dalam seminggu/Foto: iStock

Guru besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati, Apt, menjelaskan sebenarnya tak ada aturan pasti terkait berapa kali mi instan aman dikonsumsi dalam seminggu.

“Sebetulnya tidak ada aturan seperti itu karena mi itu sendiri kan sebenarnya karbohidrat, sama seperti nasi,” terang Prof Zullies, dikutip dari catatan detikcom.

“Hanya saja kalau nasi dari padi, dari beras, kalau mi kan dari gandum. Tapi sama-sama karbohidrat,” lanjutnya. 

Prof Zullies mengatakan, mi instan memang bisa dikonsumsi sesuai keinginan kita. Namun disarankan untuk tidak terlalu sering, karena ada kandungan pengawet dan bumbunya yang cenderung asin. Untuk konsumsinya, perlu mengenali kondisi tubuh masing-masing. 

Contohnya, apabila punya riwayat hipertensi, maka dapat mengurangi bumbu mi instannya dan diganti dengan bumbu racikan sendiri. 


Mi Instan Perlu Tambahan Nutrisi




Ilustrasi mi instan/Foto: Unsplash.com/Eiliv AceronIlustrasi mi instan/Foto: Unsplash.com/Eiliv Aceron

Kandungan nutrisi di dalam mi instan juga kurang seimbang. Mi instan rendah serat dan protein. Di sisi lain, kandungan natrium, lemak, dan karbohidrat dalam mi instan juga cenderung tinggi.

Prof Zullies menyarankan untuk menambah protein dan serat saat memakannya, bisa ditambah sayuran hijau, telur, atau ayam. Tambahan tersebut lebih baik dibanding nasi, agar karbohidratnya tidak dominan.

Lebih lengkapnya dan berapa bungkus konsumsi mi instan yang boleh dalam seminggu, baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *