Berita

Teh Hijau vs Teh Hitam, Mana yang Lebih Sehat dan Bagus untuk Diet?

×

Teh Hijau vs Teh Hitam, Mana yang Lebih Sehat dan Bagus untuk Diet?

Share this article


Selain kopi, biasanya banyak orang yang minum teh di pagi hari saat memulai aktivitasnya. Minuman teh memang populer di semua kalangan, baik itu teh hangat, es teh, bahkan hingga teh tawar sekalipun. Sekarang ini teh juga menjadi minuman kekinian dengan berbagai macam topping yang ada seperti jelly, boba, susu, hingga gula aren.

Teh terbuat dari daun, pucuk daun, serta tangkai tanaman Camelia Sinensis. Nantinya, tanaman tersebut dikeringkan kemudian diseduh dengan air panas hingga Beauties dapat menikmatinya sebagai teh.

Umumnya, ada empat jenis teh yang biasa Beauties minum, seperti yang dikutip detikFood. Keempatnya ialah teh hijau, teh putih, teh hitam, dan oolong. Di Indonesia, teh hijau dan teh hitam menjadi primadona yang mempunyai banyak penggemarnya.

Dari segi warna, teh hijau berwarna hijau kekuningan, sedangkan teh hitam memiliki warna cokelat pekat. Khasiat yang didapat bisa membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks, serta meredakan flu. Lantas, teh mana yang lebih sehat dan bagus untuk diet?

Teh Hijau Sangat Dianjurkan untuk Diet

Teh Hijau/Foto: Freepik/Jcomp

Teh hijau sangat populer di Jepang dengan nama ryokucha. Selain itu, di sana teh hijau juga diubah menjadi bubuk yang dikenal dengan matcha. Diketahui, kandungan kafein pada teh hijau jauh lebih tinggi.

Mengutip Fat Secret, dalam 100 gram teh hijau terdapat 1 kalori dan 0,2 gram karbohidrat. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika teh hijau sangat dianjurkan untuk diet. Kandungan kafein dalam teh hijau lebih sedikit daripada teh hitam yakni 11 mg kafein dalam 100 gram teh hijau.

Di samping itu, teh hijau baik untuk meningkatkan imunitas dan menangkal radikal bebas agar terhindar dari penyakit kronis. Teh hijau juga kerap dijadikan sebagai masker wajah atau suplemen untuk kecantikan kulit serta wajah. Teh jenis ini juga aman dikonsumsi untuk orang-orang yang mempunyai masalah kesehatan lambung, seperti yang dikutip Times of India.

Meskipun demikian, pada laman yang sama, teh hijau memiliki tanin yang bisa menyebabkan sembelit. Maka dari itu, para penderita tukak lambung ataupun refluks asam lambung sebaiknya tidak minum teh hijau di pagi hari.


 

Teh Hitam Meningkatkan Konsentrasi dan Relaksasi

Teh Hitam/Foto: Pexels/Charlotte May

Dengan warnanya yang cokelat pekat, teh jenis ini paling teroksidasi daripada teh hijau, oolong, dan berbagai jenis teh lainnya. Oleh karena itu, pada zaman dahulu teh hitam banyak digunakan sebagai pengobatan karena mempunyai nutrisi baik. Dalam 100 gram teh hitam sudah mengandung 20 mg kafein.

Teh hitam juga mengandung senyawa yang baik seperti theanine dan amino acid yang dapat meningkatkan konsentrasi serta relaksasi. Tidak hanya itu saja, teh hitam juga mempunyai theaflavin yang dapat melindungi kesehatan jantung dan peredaran darah. Untuk Beauties yang menderita diabetes, teh hitam juga bagus dikonsumsi lantaran bisa mengontrol gula darah.

Berdasarkan CNN Indonesia, teh hitam memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi teh hitam dapat membantu memperbaiki gangguan fungsi arteri koroner pada pasien penyakit jantung serta mengembalikan fungsi pembuluh darah yang abnormal.

Selain itu, teh hitam ternyata juga bisa mengobati diare dan meringankan asma. Menurut studi dari American Heart Association di New Orleans, teh hitam bisa menurunkan kadar kolesterol. Minum teh baik itu teh hitam maupun teh hijau juga mencegah pertumbuhan kanker payudara pada perempuan yang memasuki fase menopause. 

Lebih Sehat dan Bagus yang Mana?

Teh Hijau dan Teh Hitam/Foto: Pinterest/Tsirona

Ketika sudah mengetahui manfaat teh hitam maupun teh hijau, lantas mana yang lebih sehat dan bagus? Itu semua tergantung kebutuhan tubuh Beauties sendiri.

Apabila Beauties ingin mengonsumsi banyak kafein, maka teh hitam jadi solusinya. Sementara, bagi Beauties yang memiliki kesehatan lambung, teh hijau menjadi pilihan yang tepat. Menurut Healthline, teh hijau memiliki antioksidan yang lebih kuat dan asam amino yang membuat Beauties lebih tenang.

Jika Beauties ingin menurunkan berat badan, maka Beauties bisa mengonsumsi teh hijau. Pasalnya, kalori yang terkandung di dalam teh hijau lebih sedikit yakni satu kalori saja.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


 

(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *