Berita

12 Penyebab Miss V Sakit dan Nyeri

×

12 Penyebab Miss V Sakit dan Nyeri

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Secara umum, vagina atau miss V seharusnya tidak sakit. Jadi jika Anda mulai merasakan sakit atau nyeri, mungkin ada sesuatu yang terjadi. Umumnya, infeksi atau kondisi medis lainnya bisa menyebabkan Anda mengalami ketidaknyamanan dan kepekaan. Berikut beberapa penyebab miss V sakit dan nyeri menurut dokter.

1. Vagina Kering

Vagina kering termasuk penyebab vagina sakit atau nyeri. Adapun kondisi vagina kering disebabkan beberapa hal mulai dari penurunan kadar hormon secara umum, menyusui hingga menopause, menurut Cleveland Clinic.

Bahkan obat-obatan tertentu, terutama obat anti-estrogen (seperti yang digunakan untuk mengobati fibroid rahim atau endometriosis), antidepresan tertentu, dan antihistamin (yaitu obat alergi), dapat menyebabkan kekeringan pada vagina, menurut laporan Cleveland Clinic.

Jika Anda mengalami kekeringan pada vagina, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dalam beberapa kasus, solusinya bisa sesederhana memasukkan pelembap atau pelumas vagina ke dalam rutinitas Anda.

2. Infeksi Vagina

Infeksi, terutama infeksi jamur, menyebabkan banyak rasa gatal dan ketidaknyamanan pada wanita. Infeksi jamur vagina mirip dengan infeksi jamur di area lain, dan pertumbuhan jamur yang berlebihan menyebabkan kemerahan, bengkak, gatal, dan dapat menyebabkan rasa sakit. Biasanya juga terdapat cairan kental dan kental, jadi waspadalah jika Anda merasa mengalaminya.

Untungnya, rasa sakit itu bisa segera hilang. Infeksi jamur dapat diobati dengan krim antijamur yang dijual bebas atau obat oral yang diresepkan. Infeksi jamur juga dapat diobati secara efektif dengan kapsul atau supositoria asam borat 600mg, yang tersedia tanpa resep, menurut Jennifer Landa, ob-gyn dan kepala petugas medis di BodyLogicMD.

Vaginosis bakterial (BV) adalah infeksi vagina umum lainnya yang berhubungan dengan nyeri, gatal, dan keputihan yang tidak normal. Faktanya, setiap tahun, satu dari tiga orang yang memiliki vagina akan terkena BV. Untungnya, penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik yang diresepkan, seperti klindamisin atau metronidazol.

Jika Anda merasa mengalami infeksi vagina, hubungi dokter Anda untuk mengetahui pengobatan apa yang terbaik untuk Anda.

3. Vulvodinia

Vulvodinia adalah nyeri vagina yang tidak diketahui penyebabnya. Biasanya menyebabkan nyeri tekan yang ekstrem di sekitar lubang vagina, menurut dokter Landa.

Jadi rasa sakitnya khususnya terjadi di sekitar vulva dan dapat membuat hubungan intim menjadi tidak nyaman bagi sebagian orang, dan benar-benar tidak dapat ditoleransi bagi sebagian lainnya karena sulit untuk ditentukan dan diobati.

Secara umum, perawatan berkisar dari krim topikal yang mengandung steroid atau krim testosteron hingga obat oral. Bahkan antidepresan telah terbukti efektif untuk beberapa wanita, kata dokter Landa.

“Beberapa wanita berhasil dengan baik dengan mandi sitz oatmeal koloid atau lidokain topikal untuk mematikan rasa di area tersebut, [dan] beberapa wanita merespons terapi fisik dasar panggul,” ucapnya.

4. Vaginismus

Vaginismus adalah salah satu jenis disfungsi seksual yang terjadi ketika otot-otot vagina berkontraksi atau tegang pada awal atau saat berhubungan intim, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Hal ini juga dapat terjadi pada sebagian orang saat memasukkan tampon.

Penting untuk dicatat bahwa kontraksi yang tidak disengaja, kejang otot, nyeri tajam, atau sensasi terbakar saat mencoba penetrasi vagina, adalah hal yang tidak normal, menurut Rajal Patel, ginekolog dan spesialis vulvovaginal di Northwestern Medicine Center For Sexual Medicine and Menopause.

Jika Anda merasa mengalami vaginismus, sampaikan hal tersebut ke dokter kandungan, yang dapat merekomendasikan pengobatan terbaik. Hal ini bisa berupa terapi fisik panggul, terapi dilator vagina, terapi perilaku kognitif, atau obat resep untuk meminimalkan rasa sakit.

5. Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual (IMS) adalah penyebab nyeri vagina yang sangat umum. Klamidia dan gonore, misalnya, dapat menyebabkan nyeri perut bagian bawah, nyeri panggul, dan nyeri saat buang air kecil yang biasanya seperti rasa terbakar. Dan herpes genital dapat menyebabkan nyeri di area genital, menurut Mayo Clinic.

Saat menderita herpes, Anda mungkin mengalami luka yang awalnya tampak seperti jerawat, namun kemudian pecah dan mengeluarkan cairan bening hingga kuning yang keluar dan biasanya mengeras.

“Luka biasanya berukuran sekitar 1/4 inci dan bulat juga terjadi dalam kelompok kecil,” kata dokter Landa. Kondisi itu dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Dalam hal mengobati IMS, dokter dapat meresepkan obat antivirus atau antibiotik yang dalam banyak kasus dapat mengatasi luka atau nyeri.

6. Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul adalah infeksi pada organ reproduksi wanita yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri di perut bagian bawah, keluarnya cairan dalam jumlah banyak, pendarahan yang tidak biasa dari vagina, dan komplikasi reproduksi, seperti infertilitas. Ini paling sering terjadi melalui bakteri menular seksual yang menyebar dari vagina ke rahim, saluran tuba, atau ovarium, menurut Mayo Clinic.

Clinic Cleveland mencatat bahwa gonore dan klamidia menyebabkan 90 persen dari seluruh kasus penyakit radang panggul. Di lain waktu, penyakit radang panggul dapat terjadi ketika bakteri normal berpindah ke organ reproduksi, yang dapat terjadi setelah pemasangan IUD, persalinan, keguguran, dan operasi panggul, menurut Clinic Cleveland.

Penyakit radang panggul biasanya diobati dengan antibiotik, namun obat tersebut tidak dapat menghilangkan jaringan parut yang terkait dengan penyakit ini.

Di halaman selanjutnya, endometriosis hingga menopause termasuk penyebab lain miss V sakit dan nyeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *