Berita

4 Cara Mengetahui Lemon Sudah Matang

×

4 Cara Mengetahui Lemon Sudah Matang

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Pernahkah Anda memotong lemon dan ternyata sudah kering dan tak ada sari buah? Ya, memilih lemon sudah matang ternyata lebih sulit daripada kedengarannya. Ada kesalahpahaman umum bahwa Anda dapat mengetahui kematangan buah dari warnanya, namun ada faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan juga, seperti ukuran, tekstur, berat, dan terkadang aroma. Berikut cara mengetahui lemon sudah matang agar tidak salah pilih saat membeli di pasar tradisional atau swalayan.

1. Lihat Ukuran

Jika Anda memilah-milah tumpukan lemon di toko kelontong, Anda mungkin ingin mengambil yang terbesar karena beranggapan memiliki banyak sari buah. Namun kenyataannya, lemon biasanya dipetik ketika panjangnya sekitar 2-3 inci atau 5-7,5 cm karena itu adalah salah satu indikator terbaik bahwa lemon sudah matang sempurna. 

2. Periksa Warna

Pernahkah Anda menunggu lemon berwarna kuning kehijauan sebelum digunakan? Secara teknis, Anda tidak perlu melakukannya! Lemon tumbuh dan matang di pohon, dan dipetik saat warnanya berubah menjadi kuning kehijauan.

Tentu saja, warna kuning cerah adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah lemon sudah matang, tetapi jika ada sedikit warna hijau, itu juga tidak masalah.

3. Cek Tekstur

Lemon dengan kulit halus adalah tanda kunci kematangan. Jika Anda melihat ada benjolan dan lekukan pada lemon, sebaiknya masukkan kembali lemon tersebut karena kemungkinan besar lemon tersebut belum matang dan tidak mengandung banyak sari buahnya.

4. Tidak Terlalu Keras

Kekencangan penting saat mencari lemon matang, namun lemon tidak boleh terlalu keras. Lemon yang berat dengan bagian luar yang tipis namun keras biasanya paling berair dan beraroma.

Setelah Anda bisa mengetahui ciri lemon sudah matang, pastikan untuk menyimpan lemon dengan benar juga. Lemon bisa bertahan selama seminggu atau lebih jika dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan makanan kedap udara dan ditempatkan di laci lemari es Anda. Dan meskipun Anda dapat mengiris lemon terlebih dahulu agar mudah disimpan, lemon Anda akan tetap segar lebih lama jika Anda memotongnya tepat sebelum Anda berencana menggunakannya.

Pilihan Editor: Benarkah Jus Lemon Bisa Membuat Warna Rambut Lebih Cerah? Simak Pendapat Ahli

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *