Berita

Duh! Sebaiknya Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Kalau Mau Terhindar dari Bau Badan

×

Duh! Sebaiknya Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Kalau Mau Terhindar dari Bau Badan

Share this article


Pada dasarnya, keringat yang terdiri dari air dan elektrolit tidaklah berbau apapun. Jumlah keringat yang kamu keluarkan pun tidak selalu memengaruhi bau badan. Oleh karena itu, ada orang yang bisa memiliki bau badan tidak sedap meski sedang tidak berkeringat, sebaliknya, ada juga orang yang berkeringat berlebihan tetapi tidak bau.

Bau badan tidak sedap berasal dari semacam reaksi kimia antara bakteri di kulit dengan penguraian keringat menjadi asam. Dan, salah satu penyebab bau badan bisa berasal dari makanan yang kamu makan sehari-hari, loh! Apa yang kamu makan secara langsung mempengaruhi bau badanmu. Sebab, produk sampingan dari makanan akan dikeluarkan tubuh memalui keringat setelah dipecah oleh tubuh.

Ada beberapa makanan, bahkan makanan sehat, yang bisa menyebabkan bau badan. Tapi, ini  tidak berarti kamu harus sepenuhnya menghindari makanan sehat tersebut, karena kamu akan kehilangan beberapa nutrisi yang baik.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar makanan yang perlu kamu perhatikan asupannya untuk menghindari efek bau badan yang ditimbulkannya.

1. Aneka Jenis Bawang

Bawang-bawangan/Foto: Unsplash.com/Nick Fewings

Faktanya, keluarga kerajaan Inggris menghindari makanan yang terlalu banyak bawang untuk memastikan napas mereka tidak berbau busuk saat bertemu dengan banyak orang.

Bawang dikenal sebagai salah satu bumbu masakan yang memberikan aroma dan cita rasa lezat pada masakan. Tapi, di sisi lain, bukan rahasia lagi bahwa bawang-bawangan mampu membuat aroma napas dan badan orang yang memakannya menjadi bau! Pasalnya, bawang putih, bawang merah, bawang bombai, dan daun bawang mengandung kandungan asam sulfat yang tinggi. Memasak bawang-bawangan sebelum dimakan dapat membantu mengurangi beberapa sifat penyebab bau.

2. Daging Merah

Daging merah/Foto: Unsplash.com/Madie Hamilton

Pada tahun 2006, hasil penelitian yang dilakukan oleh Liverpool University menunjukkan bahwa kelompok orang yang melakukan diet daging memiliki aroma tubuh lebih menyengat dan kurang sedap dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi daging.

Karena daging merah sangat berlemak, lebih sulit bagi tubuh untuk mencernanya dengan baik dan akibatnya meninggalkan residu di saluran pencernaan. Residu ini berinteraksi dengan bakteri di usus sehingga menghasilkan asam lemak, yang kemudian dikeluarkan tubuh melalui keringat atau gas yang berbau menyengat.

3. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous/Foto: Unsplash.com/Shelley Pauls

Kubis atau kol, brokoli, kembang kol, pakcoi, kale, lobak, sawi, dan selada air termasuk sayuran silangan (cruciferous) yang berasal dari keluarga Brassica. Mengutip Men’s Health, selama dicerna, sayuran ini melepaskan senyawa mengandung belerang, yang biasanya menyebabkan bau telur busuk. Bau menyengat tersebut akhirnya dikeluarkan melalui keringat, napas, dan gas yang memengaruhi bau badan, bau mulut, dan bau kentut.

Namun, ini bukan alasan untuk menghindarinya sama sekali karena sayuran-sayuran tersebut baik untuk tubuhmu. Cukup kurangi jumlah yang kamu makan untuk tetap mendapatkan manfaat nutrisi yang luar biasa sekaligus mengurangi senyawa penyebab bau.


4. Minuman Alkohol

Minuman beralkohol/Foto: Unsplash.com/Kelsey Knight

Ahli diet Jenny Beth Kroplin, RD, LDN, CLC dalam Well+Good menjelaskan bagaimana alkohol dapat tercium dari napas, pori-pori, dan urine.

Ketika seseorang menenggak alkohol, tubuh mengidentifikasinya sebagai racun, sehingga tubuh mengurai alkohol menjadi asam asetat. Apa yang tidak dapat dimetabolisme oleh tubuh akan dikeluarkan melalui jalur lain melalui proses oksidasi.

Proses oksidasi memecah racun menjadi asam diasetat, karbon dioksida, dan air yang dikeluarkan melalui keringat, urine, dan pernapasan. Semakin banyak kamu minum, hal ini semakin berkontribusi terhadap bau badan dan bau mulut yang lebih besar.

5. Rempah-rempah yang Kuat

Rempah-rempah/Foto: Unsplash.com/Ratul Ghosh

Rempah-rempah yang memiliki cita rasa kuat juga dikenal dapat menjadi penyebab bau badan tidak sedap. Jintan, cabai, dan rempah-rempah pedas lainnya, baunya cenderung keluar melalui pori-pori saat tubuh mencernanya. Selain itu, makanan pedas yang cenderung membuatmu lebih banyak berkeringat juga bisa menjadi penyebab bau badan.

Tapi, sebaiknya jangan menghindari makanan ini sepenuhnya. Sebab, senyawa dalam makanan berempah dan pedas sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme, mengontrol berat badan, meningkatkan umur panjang, dan melawan inflamasi, seperti dikutip via Healthline.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *