Berita

Jaga Kesehatan, Ini 5 Buah yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

×

Jaga Kesehatan, Ini 5 Buah yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Share this article


Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang dan sering kali dianggap sepele. Kondisi ini bisa berbahaya jika tidak dikontrol dengan baik, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan komplikasi serius lainnya. 

Salah satu cara alami dan efektif untuk membantu mengelola tekanan darah adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Buah-buahan tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga mengandung senyawa khusus yang dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

Yuk, eksplorasi lebih lanjut mengenai buah-buahan yang dapat membantu menurunkan darah tinggi!

1. Blueberry dan Strawberry

Blueberry dan Strawberry/ Foto: pexels.com/Public Domain Pictures

Blueberry dan strawberry adalah dua jenis buah yang kaya akan anthocyanin, sejenis flavonoid yang memiliki sifat antioksidan kuat. Sebuah tinjauan pada tahun 2019 menunjukkan temuan yang konsisten untuk mendukung teori bahwa anthocyanin dan buah-buahan yang kaya anthocyanin dapat menurunkan tekanan darah.

Blueberry dan strawberry dapat dikonsumsi sebagai camilan atau makanan penutup setelah makan, ditambahkan ke dalam smoothies, atau ditaburkan di atas oatmeal untuk sarapan.

2. Pisang

Pisang/ Foto: freepik.com

Pisang mengandung kalium, yang dapat membantu mengelola hipertensi. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram (mg) kalium.

Menurut American Heart Association (AHA), kalium mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Office of Dietary Supplements menyarankan bahwa pria dewasa harus mengonsumsi 3.400 mg kalium per hari dan wanita dewasa — 2.600 mg.


3. Kiwi

Kiwi/ Foto: pexels.com/Pranjall Kumar

Sebuah uji coba terkontrol secara acak pada tahun 2022 yang dipublikasi di National Library of Medicine, menunjukkan bahwa mengkonsumsi kiwi setiap hari dapat mengurangi tekanan darah sistolik. Kiwi juga kaya akan vitamin C. 

Sebuah meta-analisis pada tahun 2020 menunjukkan bahwa suplementasi vitamin C secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi primer.

4. Alpukat

Alpukat/ Foto: pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Mengutip EatingWell, menurut seorang ahli kardiologi, David Sabgir, M.D, alpukat adalah buah yang sangat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat makanan, yang keduanya penting untuk kesehatan jantung. Selain itu, alpukat mengandung kalium yang cukup tinggi, membantu mengurangi tekanan darah.

5. Buah Citrus

Buah Citrus/ Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, limau, mengandung hesperidin, sejenis flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sekitar 2 cangkir jus jeruk dapat secara efektif menurunkan tekanan darah sistolik pada individu dengan pra-hipertensi atau hipertensi tahap 1. Ini menunjukkan bahwa hesperidin dalam jus jeruk memiliki efek langsung dalam menurunkan tekanan darah.

Mengkonsumsi buah-buahan ini secara teratur tidak hanya dapat membantu menurunkan tekanan darah, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Dari 5 buah di atas, mana yang paling kamu suka, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *