Berita

Sederet Buah dan Sayuran yang Banyak Mengandung Pestisida, Wajib Cuci Bersih Sebelum Dikonsumsi!

×

Sederet Buah dan Sayuran yang Banyak Mengandung Pestisida, Wajib Cuci Bersih Sebelum Dikonsumsi!

Share this article


Buah dan sayur-sayuran adalah bahan makanan yang punya banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh kita. Penting untuk dikonsumsi setiap hari untuk mencegah penyakit tertentu.

Namun, banyak buah dan sayur saat ini ditanam dengan kontaminasi pestisida. Pestisida adalah racun yang digunakan untuk membasmi atau mengendalikan hama/organisme lain yang mengganggu.

Beberapa buah atau sayur yang paling banyak terkontaminasi pestisida adalah stroberi, kacang hijau, apel, bayam, anggur, cabai, buah pir, ceri, sawi, dan lainnya.

Dikutip dari US News, stroberi cenderung banyak terkontaminasi insektisida. Hal ini, karena tanamannya tumbuh dekat dengan tanah dan lebih mudah dihinggapi serangga/hama.

Selain itu, makanan beku dan kalengan juga berpotensi terkontaminasi pestisida tingkat tinggi.

Bahaya Bagi Kesehatan

Bahaya pestisida bagi kesehatan/Foto: Pexels/Laura Arias

Membeli makanan yang fresh dari supermarket atau pasar, nggak menjamin makanan tersebut bersih dari racun. Maka, kita perlu hati-hati dan mencucinya dengan cara yang tepat dan bersih.

Racun tersebut punya risiko bersifat karsinogenik (zat yang dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh) bagi manusia. Dilansir dari CNN Health, pestisida tingkat tinggi juga bisa meningkatkan risiko kerusakan genetik dan memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan, seperti risiko cacat lair dan berat badan rendah. Selain itu, risiko penyakit kanker, jantung, dan gangguan lainnya juga berpotensi dialami manusia.

Penting untuk diperhatikan bahwa mengonsumsi sayuran dan buah yang berpotensi terkontaminasi pestisida harus dikurangi setengah hingga satu porsi per harinya.


Cara Membersihkan Pestisida

Cara membersihkan pestisida/Foto: Pixabay/ledacsprandel

Para ahli mengatakan bahwa tidak ada metode yang 100% efektif untuk membersihkan sayur atau buah dari pestisida. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan residu racun tersebut.

Dimulai dengan tangan kita yang harus bersih sebelum menyentuh buah atau sayuran. Jangan rendam bahan makanan, tetapi cucilah dengan air mengalir. Jangan lupa digosok dengan sikat khusus hingga bersih!

Jangan gunakan deterjen, sabun atau produk pencuci lainnya. Kemudian keringkan buah atau sayur dengan kain bersih atau tisu dapur. Setelah itu, cuci tangan kembali, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *