Berita

Terapkan 5 Kebiasaan Ini di Malam Hari untuk Bantu Kamu Tidur Lebih Nyenyak

×

Terapkan 5 Kebiasaan Ini di Malam Hari untuk Bantu Kamu Tidur Lebih Nyenyak

Share this article


Sudah bukan rahasia lagi jika memiliki rutinitas malam yang baik, kamu pun akan mendapatkan kualitas tidur yang baik pula. Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesejahteraan kamu, Beauties.

Karena tuntutan pekerjaan, masih banyak orang yang sepertinya sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Nah, kamu bisa memulainya dengan menerapkan beberapa kebiasaan baik di malam hari. Berikut 5 di antaranya seperti yang telah dilansir dari Expert Editor.

1. Menetapkan Jadwal Tidur yang Konsisten





Ilustrasi/Foto: Freepik.com/senivpetro

Mendapatkan tidur yang nyenyak bukan hanya tentang apa yang kamu lakukan tepat sebelum tidur. Ini juga ada hubungannya dengan rutinitas harian kamu. Dalam dunia tidur, konsistensi adalah kuncinya. Artinya tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan atau hari libur.

Tubuh kita memiliki jam internal yang dikenal sebagai ritme sirkadian, yang mengatur siklus tidur-bangun. Dengan menjaga jadwal tidur yang teratur, kamu bisa menyelaraskan diri dengan ritme internal ini dan meningkatkan kualitas tidur. Jadi, biasakan untuk mengatur jadwal tidur dan menaatinya.

2. Batasi Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Deretan kebiasaan di malam hari untuk bantu tidur lebih nyenyak/Foto: Freepik.com

Di dunia modern, kita semua sering kali melakukan screen time sebelum tidur. Namun, tahukah kamu kalau cahaya biru yang dipancarkan gadget bisa mengganggu tidur? Hal ini dikarenakan cahaya biru menekan produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur tidur.

Akibatnya, paparan layar gadget di malam hari bisa mengelabui otak kamu agar berpikir bahwa waktu masih siang hari, sehingga mengganggu siklus tidur-bangun alami tubuh. Untuk meningkatkan kualitas tidur, cobalah membatasi waktu menatap layar setidaknya satu jam sebelum tidur.

Sebaliknya, lakukan aktivitas yang lebih ramah tidur seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan.

3. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Deretan kebiasaan di malam hari untuk bantu tidur lebih nyenyak/Foto: Freepik.com/user15285612

Lingkungan tempat kamu tidur memainkan peran utama dalam seberapa baik kamu tidur. Ini bukan hanya tentang memiliki tempat tidur yang nyaman dan bantal yang bagus. Pertimbangkan untuk menggunakan penyumbat telinga atau mengatur white noise jika kamu mudah terganggu oleh kebisingan.

Kamu juga bisa membeli tirai anti tembus pandang atau masker mata jika cahaya menjadi masalah. Selain itu, jagalah kamar tidur kamu tetap bersih dan tidak berantakan. Ruangan yang berantakan bisa membuat pikiran menjadi gelisah.


4. Hindari Makanan Berat dan Kafein di Malam Hari

Deretan kebiasaan di malam hari untuk bantu tidur lebih nyenyak/Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Apa yang kamu konsumsi bisa memengaruhi kualitas tidur secara signifikan. Makan berat di malam hari bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan gangguan pencernaan sehingga membuat kamu lebih sulit tertidur.

Begitu juga dengan kafein. Efek stimulasi kafein bisa bertahan berjam-jam sehingga membuat seseorang sulit tertidur jika dikonsumsi di malam hari. Ingat, pola makan memainkan peran penting dalam mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jadi, berhati-hatilah dengan apa yang kamu konsumsi di penghujung hari.

5. Berlatih Mindfulness dan Relaksasi

Deretan kebiasaan di malam hari untuk bantu tidur lebih nyenyak/Foto: Freepik.com/Benzoix

Dalam kehidupan yang sibuk, stres dan kecemasan mudah masuk dan mengganggu tidur kita. Di sinilah teknik mindfulness dan relaksasi berperan. Latihan-latihan ini bisa membantu kamu merilekskan tubuh, memperlambat pernapasan, dan memfokuskan pikiran yang semuanya bisa menghasilkan tidur yang lebih baik.

Tidur bukan hanya kebutuhan fisiologis, tapi merupakan tindakan perawatan diri. Ini adalah waktu ketika tubuh kita menyembuhkan, meremajakan, dan bersiap menghadapi tantangan hari baru. Menerapkan kebiasaan-kebiasaan di atas pada malam hari merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *