Berita

5 Cara Mengempaskan Masalah Ketombe Kering pada Rambut

×

5 Cara Mengempaskan Masalah Ketombe Kering pada Rambut

Share this article


Masalah ketombe kering memang bisa bikin bete dan kurang percaya diri. Ketombe kering biasanya muncul karena kulit kepala yang kering dan mengelupas, sering kali disertai dengan rasa gatal.

Jangan khawatir, terdapat beberapa cara ampuh untuk mengempaskan masalah ketombe kering yang bisa kamu coba. Yuk, simak caranya berikut ini!

1. Gunakan Sampo Antiketombe yang Tepat

Gunakan sampo antiketombe yang tepat/Foto: Freepik/Freepik

Langkah pertama untuk mengatasi ketombe kering adalah memilih sampo antiketombe yang tepat. Pastikan sampo yang kamu pilih mengandung bahan-bahan, seperti zinc yang efektif melawan ketombe.

Cuci rambut secara teratur dengan sampo ini, namun jangan terlalu sering karena bisa membuat kulit kepala semakin kering. Sebaiknya, gunakan sampo antiketombe dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

2. Jaga Kelembapan Kulit Kepala

Jaga kelembapan kulit kepala/Foto: Freepik/Freepik

Kulit kepala yang kering adalah penyebab utama ketombe kering. Untuk mengatasinya, kamu perlu menjaga kelembapan kulit kepala. Gunakan kondisioner atau masker rambut yang diformulasikan khusus untuk melembapkan kulit kepala.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba minyak alami, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan minyak tersebut pada kulit kepala, pijat dengan lembut, dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. Minyak alami ini akan membantu menutrisi dan melembapkan kulit kepala sehingga mengurangi ketombe kering.

3. Hindari Penggunaan Produk Rambut Beralkohol

Hindari penggunaan produk rambut beralkohol/Foto: Freepik/Freepik

Banyak produk rambut seperti, hairspray, gel, dan mousse mengandung alkohol yang bisa membuat kulit kepala semakin kering. Sebaiknya, hindari penggunaan produk-produk tersebut atau pilih produk yang bebas alkohol.

Kamu bisa beralih menggunakan produk-produk perawatan rambut berbahan alami, seperti minyak sereh atau cuka apel. Cuka apel dapat menyeimbangkan kadar pH kulit kepala dan melawan ketombe yang membandel. Sementara minyak sereh mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang efektif digunakan untuk melawan masalah ketombe.

Selain itu, batasi penggunaan alat pemanas, seperti hair dryer dan catokan yang dapat berpotensi membuat kulit kepala menjadi kering. Jika memang diperlukan alat pemanas, gunakan pada suhu rendah dan jangan terlalu sering.

4. Perhatikan Pola Makan

Perhatikan pola makan/Foto: Freepik/Freepik

Kesehatan kulit kepala dapat dipengaruhi oleh pola makan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti zinc, vitamin B, dan omega-3.

Nutrisi ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe kering. Tambahkan lebih banyak buah, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan dalam menu harianmu. Jangan lupa juga untuk minum cukup air setiap hari agar tubuh dan kulit kepala tetap terhidrasi.


5. Lakukan Perawatan Kulit Kepala secara Rutin

Lakukan perawatan kulit kepala secara rutin/Foto: Freepik/Master1305

Selain menjaga pola makan, penting juga untuk melakukan perawatan kulit kepala secara rutin. Pijat kulit kepala setiap kali keramas untuk melancarkan peredaran darah dan membantu penyerapan nutrisi. Kamu juga bisa mencoba menggunakan bahan alami, seperti lidah buaya. Lidah buaya dikenal memiliki sifat melembapkan dan antiinflamasi.

Mengatasi ketombe kering memang memerlukan perawatan yang konsisten dan tepat. Dengan mengikuti lima cara yang telah dipaparkan sebelumnya, kamu bisa mengempaskan masalah ketombe kering dan mendapatkan kulit kepala yang sehat.

Ingat, kunci utamanya adalah menjaga kelembapan kulit kepala dan menghindari faktor-faktor yang dapat membuatnya kering. Semoga tips-tips ini bermanfaat dan membuat kamu semakin percaya diri dengan rambut bebas ketombe. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *