Berita

5 Aturan “Berkelas” dalam Berpakaian, Begini Cara Seleb Mix-and-Match agar Tetap Keren

×

5 Aturan “Berkelas” dalam Berpakaian, Begini Cara Seleb Mix-and-Match agar Tetap Keren

Share this article


Tidak hanya untuk menunjang penampilan, namun pakaian juga sebagai cerminan dari yang mengenakannya. Kita tentunya perlu menyesuaikan pakaian dengan acara yang dihadiri, apakah itu acara formal, semi formal, atau sekedar untuk jalan-jalan agar tidak salah kostum. Di samping itu, kita juga perlu untuk memperhatikan lingkungan sekitar.

Ada 5 aturan berpakaian agar bisa terlihat menjadi perempuan berkelas yang dilansir dari Brightside. Yuk cek juga beberapa gaya selebriti Indonesia yang mungkin bisa menginspirasi!

1. Tidak Memakai Rok Mini Sekaligus Baju yang Memperlihatkan Belahan Dada

Maudy Ayunda/Foto: instagram.com/maudyayunda

Memilih pakaian sangat penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat dan pantas ketika dipakai. Salah satu aturan emas yang harus diingat yaitu menggunakan rok mini atau memperlihatkan belahan dada. Mengenakan pakaian dengan model tersebut secara bersamaan justru akan memberikan kesan terlalu berani.

Contek gaya Maudy Ayunda saat mengenakan rok mini berwarna hitam, dipadukan dengan kemeja berlengan pendek warna putih. Ia juga menambahkan stoking hitam transparan dan high heels. Penampilan yang simple namun terkesan classy ya, Beauties!

2. Pakaian dengan Banyak Motif

Luna Maya/Foto: instagram.com/lunamaya

Mengenakan atasan dan bawahan dengan banyak motif dan dipakai bersamaan juga tidak disarankan. Pilihan kombinasi warna yang saling melengkapi, misalnya dengan warna sama atau senada. Jika kamu ingin memakai setelan dengan pattern yang berbeda, kamu bisa memilih pattern dengan warna yang selaras.

Memakai setelan dengan motif yang berbeda juga bisa sekece Luna Maya. Ia memadukan blazer coklat dengan pattern garis vertikal dan skirt Louis Vuitton yang senada dengan warna belt yang digunakan. Meskipun punya motif berbeda, namun warna netral yang digunakan menghasilkan look yang serasi.


3. Pastikan Bahu Tertutup saat Pakai Blus Tanpa Lengan

Cinta Laura/Foto: instagram.com/claurakhiel

Untuk tampilan profesional saat bekerja, jika kamu mengenakan blus tanpa lengan, sebaiknya pastikan blus tersebut menutupi bahu. Memamerkan bahu bahu di tempat kerja tentu bukanlah pilihan yang tepat. Aturan ini akan membantumu menjaga penampilan tetap profesional dan menghormati lingkungan kerja.

Jumpsuit panjang dengan model blus tanpa lengan dari Cinta Laura bisa jadi inspirasi untuk dipakai dalam acara formal atau sebagai outfit ke kantor nih, Beauties. So simple!

4. Meminimalisir Aksesoris yang Dipakai

Raline Shah/Foto: instagram.com/ralineshah

Aksesori atau perhiasan bisa meningkatkan gaya tarik terutama ketika memakai pakaian yang simple. Namun, memakainya secara berlebihan juga kurang disarankan. Batasi dengan mengenakan tidak lebih dari 2 perhiasan sekaligus. Misalnya, kalung dan cincin atau anting dan gelang. 

Mengenakan kebaya beskap dan batik saat menghadiri Festival Film Cannes, Raline Shah tidak banyak memakai aksesoris. Ia hanya menambahkan cincin dan anting yang cocok dipakai saat menghadiri acara pada malam hari, tentunya tidak berlebihan.

5. Membuka Kancing Kemeja Tidak Lebih Dari 2 Kancing

Aaliyah Massaid/Foto: instagram.com/aaliyah.massaid

Bukan sekedar tips fashion, memakai kemeja dengan menghindari membuka lebih dari 2 kancing juga menunjukkan rasa sopan santun. Membuka kancing terlalu banyak dan menunjukkan kulit secara terbuka juga tidak cocok dalam berbagai kesempatan.

Jika kamu butuh inspirasi OOTD menggunakan kemeja, kamu bisa contek gaya Aaliyah Massaid. Ia mengenakan kemeja dengan membuka dua kancing atas dan memadukannya dengan celana jeans. Outfit yang casual dan sangat pas dipakai untuk bekerja atau hangout.

Nah, itulah 5 aturan berpakaian yang bisa kamu terapkan, karena berkelas bukan sekedar penampilan tapi juga menjaga kesopanan dalam lingkungan. Setuju kan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *