Berita

Amankah Akupuntur Saat Hamil? Ini Kata Dokter

×

Amankah Akupuntur Saat Hamil? Ini Kata Dokter

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Apakah Anda bertanya-tanya akupuntur saat hamil aman dilakukan? Mengingat pengobatan tradisional Tiongkok ini melibatkan penusukan jarum. Jawabannya aman asalkan dilakukan profesional dan tergantung kondisi kehamilan masing-masing.

“Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa jika dilakukan dengan benar oleh praktisi yang berkualifikasi dan berlisensi, akupuntur aman selama kehamilan,” kata Susan Wallmeyer, ahli akupuntur berlisensi dan master Pengobatan Oriental Tradisional dengan fokus pada kesehatan wanita, kehamilan, dan pascapersalinan, dikutip dari Well+Good.

Berdasarkan tinjauan sistematis dan meta-analisis tahun 2022 di BMJ Open—yang mencakup 10 penelitian dan lebih dari 1.000 orang hamil—menyimpulkan bahwa akupuntur tidak memberikan hasil negatif pada bayi baru lahir.

Meskipun efek samping akupuntur saat hamil dapat terjadi, biasanya ringan dan tidak memengaruhi bayi Anda, menurut dokter obstetri dan ginekologi Staci Tanouye. Keluhan yang paling umum akupuntur saat hamil termasuk nyeri, pendarahan, memar, atau kemerahan di lokasi tusukan.

“Ada juga beberapa laporan sakit kepala, mual, dan sakit kepala ringan, tapi ini jarang terjadi,” kata Dr. Tanouye.

Meski sejumlah orang khawatir, akupuntur aman bisa dilakukan di masa-masa awal kehamilan. Selama Anda sehat, kehamilan berisiko rendah, dan Anda mendapat lampu hijau dari penyedia layanan kesehatan, akupuntur secara umum dianggap aman untuk Anda dan bayi Anda.

Wallmeyer menunjuk pada penelitian pada bulan Juni 2002 dalam Complementary Therapies in Medicine yang mengamati hampir 600 orang hamil yang menjalani akupuntur pada trimester pertama dan tidak menemukan peningkatan risiko keguguran.

Tentu saja, keputusan akupuntur atau tidak merupakan keputusan pribadi. Anda sebaiknya hanya melakukan apa yang dirasa tepat untuk Anda dan si kecil setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan.

Dan ingat, meskipun akupuntur dapat membantu selama kehamilan, akupuntur hanya boleh menjadi terapi pelengkap. Artinya, pengobatan ini tidak boleh menggantikan pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter atau tim perawatan Anda untuk kondisi medis yang serius.

Siapa yang harus menghindari akupunktur selama kehamilan?

Meskipun risiko akupuntur rendah pada sebagian besar kehamilan yang sehat, akupuntur berpotensi membahayakan kelompok ibu hamil tertentu. Siapa pun yang mengalami komplikasi aktif terkait kehamilan atau yang telah diberitahu bahwa mereka harus melakukan ‘istirahat panggul’ wajib menghindari akupuntur, menurut dokter Tanouye.

“Komplikasi kehamilan antara lain meliputi persalinan prematur, insufisiensi serviks, pendarahan vagina, plasenta previa, atau ketuban pecah dini,” katanya.

Apakah ada titik terlarang akupuntur saat hamil?

Ahli akupuntur perinatal umumnya menghindari titik-titik tertentu pada orang hamil. Mengapa? Karena titik-titik tertentu diperkirakan dapat menggerakkan bayi ke bagian bawah panggul atau merangsang kontraksi rahim, kata Wallmeyer.

Area tersebut termasuk titik di bagian luar kelingking kaki, titik di bagian dalam pergelangan kaki bagian atas, dan titik di tangan di antara ibu jari dan telunjuk, kata dokter Tanouye.

Meskipun Anda mungkin menerima sedikit bantuan untuk menggerakkan segala sesuatunya setelah 39 minggu, Anda tentu tidak ingin memicu persalinan sebelum bayi Anda cukup bulan.

Meski demikian, penelitian saat ini menunjukkan bahwa merangsang titik-titik tersebut tidak menyebabkan peningkatan persalinan prematur. Meski begitu, dia mengatakan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini.

Sementara itu, ahli akupuntur Anda mungkin menghindari area ini untuk berhati-hati. Dan jangan panik jika mereka menyentuh atau memijat di sekitar titik tersebut. “Sebagai ahli akupuntur, perhatian kami lebih pada penusukan atau akupresur yang terfokus dan berkepanjangan, langsung ke intinya,” kata Wallmeyer.

Pilihan Editor: Atasi Gangguan Tidur dengan Akupuntur, Ini Kata Dokter

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *