Berita

Perjalanan Karier Tsamara Amany hingga Menjabat Komisaris Independen PTPN

×

Perjalanan Karier Tsamara Amany hingga Menjabat Komisaris Independen PTPN

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Nama Tsamara Amany menjadi sorotan setelah diketahui menjabat sebagai komisaris independen Holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Eks Kader Partai Solidaritas Indonesia atau PSI sekaligus staf khusus Menteri BUMN Erick Thohir tersebut telah menjabat sebagai komisaris PTPN sejak akhir 2023.

Karier Tsamara Amany

Dikutip dari situs web BUMN menamatkan pendidikan sarjana di Jurusan Komunikasi, Universitas Paramadina pada 2018 dan melanjutkan studi S2 Public Policy dan Media Studies di New York University pada 2022.

Setelah lulus ia berkarier dengan menduduki jabatan staf gubernur DKI Jakarta pada 2016. Ia mendapat tugas membantu Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) memperbaiki proses perizinan di Jakarta.

Ia juga pernah bekerja sebagai analyst dan copywriter di bidang Consulting & Public Affairs di PT Royston Indonesia pada tahun 2016-2017. Ia juga aktif dalam komunitas-komunitas sosial, seperti Teman Sandar dan Warung Kolaborasi.

Melalui Teman Sandar ia memberikan pemberdayaan ekonomi bagi perempuan dan dukungan kepada korban kekerasan seksual. Di Warung Kolaborasi ia memberikan mentoring kepada anak muda yang ingin kuliah di luar negeri.

Kini ia menjabat sebagai Staf Khusus (Stafsus) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Komisaris Independen Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III sejak akhir tahun 2023.

Tsamara ditunjuk sebagai komisaris independen PTPN melalui Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN Nomor SK-394/MBU/12/2023 tertanggal 19 Desember 2023. Sementara pelantikan sebagai Stafsus V Menteri BUMN sejak Desember 2023, diatur dalam SK Menteri BUMN Nomor SK-347/MBU/12/2023.

Karier Politik

Tamara masuk politik bergabung bersama PSI. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPP PSI sejak 2017, sebelum akhirnya mengundurkan diri pada 18 April 2022. Pada Pemilu 2019, Tsamara menjadi salah satu juru bicara Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dia mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II pada Pileg 2019. Namun, gagal ke Senayan karena PSI hanya mendapat dua persen suara. Pada saat itu, Tsamara mewakili daerah pemilihan DKI Jakarta II.

Pilihan Editor: Perjalanan Karier Tsamara Amany, dari Politik hingga Stafsus Menteri

YOLANDA AGNE | BRAM SETIAWAN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *