Berita

Resep Sosis Homemade dari Daging Kurban, Bikin Masa Simpan Makin Panjang Lho!

×

Resep Sosis Homemade dari Daging Kurban, Bikin Masa Simpan Makin Panjang Lho!

Share this article


Hari Raya Iduladha identik dengan pembagian daging kurban. Terkadang membuat stok daging di rumah jadi melimpah, apalagi jika di daerah kamu banyak yang berkurban. Nah, supaya daging lebih awet, selain diolah menjadi aneka hidangan seperti sate, tongseng, dan sebagainya, daging kurban juga bisa diolah menjadi sosis.

Nantinya, olahan sosis yang kamu buat bisa dimasak kembali dengan varian menu yang lebih beragam, sekaligus bisa untuk memperpanjang masa simpan daging kurban. Yups, sosis sendiri awalnya merupakan suatu teknik produksi dan pengawetan daging.

Dulunya sosis dibuat dengan mencincang daging, dicampur dengan rempah, dan dibungkus secara tradisional menggunakan usus hewan atau secara modern menggunakan bahan sintetis. Bahkan, kata sosis sendiri berasal dari bahasa Latin ‘salsus’ yang berarti diasinkan atau diawetkan.

Membuat sosis juga mudah, Beauties. Kamu hanya perlu selongsong sosis, bisa plastik sosis food grade atau selongsong sosis dari kolagen yang bisa langsung dikonsumsi tanpa dikupas terlebih dahulu dan beberapa bahan atau bumbu dapur yang mudah dicari.

Berikut resep sosis homemade tersimpel dari daging kurban yang bisa kamu recook.

Resep Sosis dari Daging Kurban

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/Freepik

Bahan:

  • 500 gram daging sapi
  • 200 gram tepung tapioka
  • 3 butir telur
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • ½ sdm gula
  • Garam secukupnya
  • 100 ml air es
  • Selongsong atau plastik khusus sosis secukupnya


Cara Membuat:

  1. Masukkan daging kurban dan bahan lainnya ke dalam food processor atau blender, haluskan dan campur hingga rata. Jika sudah berbentuk adonan, keluarkan dari blender, lalu masukkan ke dalam plastik segitiga atau piping bag.
  2. Potong ujung piping bag yang sudah diisi adonan sosis, lalu semprotkan ke dalam selongsong atau plastik khusus sosis hingga adonannya memenuhi selongsong sosis dari ujung ke ujung plastik.
  3. Setelah selongsong terisi, ikat bagian ujung sosis dengan tali kasur. Kemudian lakukan hal serupa pada adonan lain hingga habis.
  4. Jika semua adonan sudah terbungkus selongsong, kukus atau rebus sosis selama 30 menit atau sampai matang. Setelah itu angkat dan masukkan sosis ke dalam air dingin, tunggu sebentar dan kemudian tiriskan.
  5. Setelah ditiriskan, lepas tali ikatan pada sosis. Kamu sudah bisa langsung mengonsumsinya, atau diolah kembali menjadi hidangan lezat lainnya seperti sosis bakar, sosis asam-manis, corn dog dan lain-lain.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *