Berita

Liburan ke Yogyakarta, Ada Aglaonema Park Terbesar di Indonesia

×

Liburan ke Yogyakarta, Ada Aglaonema Park Terbesar di Indonesia

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Jika Anda tengah atau berencana liburan ke Yogyakarta, ada destinasi bernuansa alam pedesaan baru di Kabupaten Sleman Yogyakarta, Puri Mataram. Namanya Taman Aglaonema atau Aglaonema Park. Wahana yang dikelola Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Tridadi Makmur itu diklaim menjadi satu-satunya dan terbesar di Indonesia.

“Total ada sebanyak 90.000 tanaman aglaonema yang terdiri dari 209 spesies di taman ini,” kata Agus Choliq, Direktur BUMDes Tridadi Makmur Sleman di sela peluncuran pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Dibuatnya taman khusus untuk tanaman yang berkembang di iklim tropis ini karena sangat diminati dan memiliki potensi berkembang besar jika terus dilestarikan. Taman seluas satu hektare lebih itu pun diproyeksikan menjadi surga bagi para pecinta tanaman hias.

“Di taman ini wisatawan bisa menemukan ragam keindahan aglaonema, seperti yang motif daun, warna hijau klasik juga kombinasi warna merah,” ujarnya.

Menariknya, seluruh tanaman hias di situ ditata membentuk berbagai pola menarik agar pengunjung leluasa menjelajah. Terdapat juga beberapa tanaman hias yang ditanam langsung di atas tanah dan dapat menjadi spot foto bagi pengunjung. Seperti andong, pedati, hingga berbagai figur kartun. 

Ikon Bapak Aglonema Indonesia

Salah satu ikon di taman ini yang juga menarik karena adanya patung sosok Greg Hambali, yang dikenal sebagai Bapak Aglonema Indonesia. Greg Hambali diabadikan sebagai patung di taman ini karena sosok inspiratif di dunia tanaman hias Indonesia. Dia memiliki dedikasi puluhan tahun dalam penelitian, budidaya dan mempopulerkan aglaonema.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnono optimis jika wahana baru Taman Aglaonema di Puri Mataram akan menjadi penyokong destinasi itu meningkatkan kunjungan wisata.

“Terutama wisatawan pecinta minat khusus di bidang tanaman hias, karena taman ini cukup besar,” kata dia.

Kustini menilai tanaman Aglaonema tidak hanya memiliki nilai estetik dan ekonomis tinggi. “Bisa dibilang, Aglaonema ini salah satu primadona tanaman hias dan banyak digandrungi para pecinta tanaman hias,” kata dia.

Taman Aglaonema di Puri Mataram Yogyakarta. Tempo/Pribadi Wicaksono

Diklaim Terbesar di Indonesia

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar yang hadir meresmikan taman itu menyebut Taman Aglaonema di Sleman ini menjadi satu-satunya dan paling besar di Indonesia.

“Taman ini sangat istimewa karena menjadi Taman Aglaonema terbesar dan satu-satunya di Indonesia,” kata dia.

Abdul Halim menyebut Taman Aglaonema menjadi satu contoh kreativitas BUMDes yang patut diteladani. “BUMDes bisa menjadi tonggak perekonomian masyarakat desa dengan kreativitasnya,” kata Abdul Halim.

Aglonema Park Sleman Yogyakarta sendiri menawarkan berbagai layanan dan fasilitas lengkap untuk pengunjung selain menikmati suasana taman yang asri dan nyaman. Ada pula edukasi tentang cara merawat Aglaonema, serta konsultasi gratis dari ahli yang berpengalaman.

Pilihan Editor: Liburan Tengah Tahun ke Yogyakarta, Ada Paket Wisata Baru dari Keraton

PRIBADI WICAKSONO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *