Berita

5 Tips Kembali Bekerja Setelah Rehat Panjang dalam Berkarier

×

5 Tips Kembali Bekerja Setelah Rehat Panjang dalam Berkarier

Share this article


Ada beragam alasan seseorang mengambil jeda atau rehat dalam berkarier. Bisa untuk memulihkan kesehatan, ingin berlibur, mencari sudut pandang baru, dan masih banyak lagi.

Mungkin bagi beberapa orang, kembali ke tempat kerja setelah cukup lama rehat menjadi suatu hal yang menakutkan.  Selain itu, kembali bekerja setelah sekian lama rehat dapat menjadi sebuah tantangan. Sehingga kamu perlu menyiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. 

Berikut ini tips kembali bekerja setelah sekian lama rehat dalam berkarier! Apa saja? Simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari beberapa sumber. 

1. Pelajari Keterampilan Baru

Berlatih skil baru/Foto:freepik.com/rawapixel.com

Dikutip dari Indeed, tak hanya mengembangkan keterampilan yang kamu miliki, sebaiknya luangkan waktu untuk mempelajari keterampilan baru yang bisa membantu kamu unggul dibandingkan kandidat lain.

Kamu juga bisa mempertimbangkan program yang berfokus secara khusus untuk membantu memasuki kembali dunia kerja setelah beberapa waktu rehat. 

2. Update CV

Perbaharui CV/Foto:freepik.com/rawpixel.com

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup perlu kamu perbaharui, seperti memasukkan keterampilan tambahan sebelum mendaftarkan diri ke perusahaan yang kamu minati.

Di dalam CV kamu bisa jelaskan alasan kamu memutuskan untuk rehat kerja dalam kurun waktu yang cukup lama. Kamu juga bisa masukan kegiatan seperti pelatihan atau volunteer yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

3. Persiapkan Wawancara

Persiapkan untuk wawancara kerja/Foto:freepik.com/freepik

Salah satu cara mendapatkan kembali pekerjaan adalah wawancara yang bagus. Sehingga penting untuk mempersiapkan wawancara dengan berlatih menjawab pertanyaan mengenai rehatnya kamu di dunia pekerjaan.

Ingat juga untuk membagikan aktivitas kamu yang relevan selama kamu rehat bekerja dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. 

4. Percaya Diri dengan Kemampuan yang Dimiliki

Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki/Foto:freepik.com/wayhomestudio

Percaya diri dengan kemampuan dan pengalaman kerja yang kamu miliki, kamu bisa menambahkannya ke dalam resume atau kamu bisa katakan saat sesi wawancara kerja.

Kamu bisa membuat daftar softskill dan hardskill yang kamu miliki. Jika kamu sedang mengalami perubahan karier, pastikan kamu menyoroti nilai yang bisa kamu berikan ke perusahaan tersebut. 


5. Coba Hubungi Rekan Kerja Sebelumnya
Mengobrol dengan rekan kerja/ Foto: Freepik.com/freepik

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Ketika kamu mencari pekerjaan pertama setelah jeda karier yang panjang, tak ada salahnya untuk mencarinya lewat teman di tempat kerja sebelumnya.

Kamu juga bisa tanya ke keluarga dan beri tahu mereka bahwa kamu sedang mencari posisi baru. Mungkin mereka memiliki pekerjaan yang tepat untuk kamu atau dapat mengarahkan kamu di bidang pekerjaan lain yang mungkin kamu minati. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *