Berita

5 Daftar Negara di Dunia yang Nggak Punya Bandara, Tapi Selalu Ramai Turis!

×

5 Daftar Negara di Dunia yang Nggak Punya Bandara, Tapi Selalu Ramai Turis!

Share this article


Bandar udara atau bandara sering kali dipandang sebagai pintu gerbang ke dunia luar yang menghubungkan negara dan budaya. Keberadaan bandara sebagai pelabuhan dari moda transportasi pesawat terbang juga sangat penting untuk menunjang mobilitas manusia dalam berpindah tempat ke tujuan lain via jalur udara.

Namun, di zaman modern ini, beberapa negara di Eropa berikut memilih tidak membangun bandara di wilayahnya. Anehnya, negara-negara ini tetap bisa berkembang pesat tanpa kemudahan perjalanan udara.

Inilah daftar negara yang tidak memiliki bandara beserta alasannya, melansir Daily Passport.

1. Vatikan

Vatikan/Foto: Freepik.com/EyeEm

Vatikan adalah negara terkecil di dunia, dengan luas wilayah hanya 0,44 km2 dan jumlah penduduk hanya 800 jiwa. Tidak banyak ruang terbuka untuk pendaratan pesawat, juga tidak ada laut atau sungai sebagai sarana transportasi alternatif. Faktanya, Kota Vatikan berada di pusat kota Roma. Itulah sebabnya akses ke Vatikan hampir seluruhnya dilakukan dengan berjalan kaki.

Vatikan tidak memiliki bandara sendiri, sehingga wisatawan perlu mendarat di Bandara Internasional Leonardo da Vinci/Fiumicino atau Bandara Internasional Ciampino di Roma, baru kemudian ke Vatikan melalui jalur darat atau kereta api.

2. Monako

Monako/Foto: Instagram.com/visitmonaco

Sebagai negara terkecil kedua di dunia, cukup masuk akal bila Monako tidak memiliki bandara. Negara ini hanya memiliki luas wilayah 2,08 km2 dan populasi di sana kurang dari 37 ribu jiwa.  Dengan kata lain, tidak ada ruang untuk membangun bandara, bahkan bandara kecil sekalipun.

Meski begitu, Monako mengandalkan kedekatannya dengan Bandara Internasional Nice Côte d’Azur di Nice, Prancis, yang dapat dicapai 30 menit menggunakan mobil. Monako juga memiliki jalur kereta api yang melintasi pantai Prancis, pelabuhan besar yang mampu menerima banyak barang, serta jaringan jalan yang sangat baik, sehingga infrastruktur bandara tidak diperlukan lagi.

3. Andorra

Andorra/Foto: Instagram.com/andorraworld

Terletak di Pegunungan Pyrenees antara Perancis dan Spanyol, Andorra adalah negara kecil di Eropa yang tidak memiliki bandara internasional. Padahal, luas wilayahnya ratusan kali lebih besar dari Monako, yaitu 468 km2. Ternyata, keberadaan pegunungan menjadi tantangan geografis yang dihadapinya. Mengutip Times of India, puncak pegunungan Pyrenees yang setinggi hampir 3 ribu meter, terutama jika ditambah dengan kabut atau es, membuat penerbangan modern sulit dilakukan dan berbahaya.

Wisatawan biasanya mencapai Andorra melalui jalan darat menumpang moda transportasi bus, mobil, atau kereta api. Meskipun tidak memiliki bandara, Andorra menarik pengunjung dengan pemandangan pegunungan dan resor ski yang menakjubkan. Beberapa bandara umum terdekat di Spanyol adalah La Seu d’Urgell, Barcelona, Lleida, Reus dan Girona, sedangkan bandara terdekat di Perancis adalah Toulouse, Carcassonne dan Perpignan.


4. Liechtenstein

Liechtenstein/Foto: Instagram.com/visitliechtenstein

Liechtenstein adalah negara terkurung daratan yang terletak di antara Swiss dan Austria. Wilayah geografisnya seluas 160 km2 didominasi oleh perbukitan tinggi dan pegunungan rendah. Selain tidak ada bandara lantaran keterbatasan ruang, Liechtenstein juga dikenal sebagai negara tanpa tentara nasional.

Biasanya, penduduk setempat menggunakan bus atau mobil untuk mencapai bandara terdekat yaitu Bandara Internasional Zürich di Swiss, yang berjarak sekitar 128 km.

5. San Marino

San Marino/Foto: Instagram.com/visitsanmarino

San Marino adalah negara mikro yang dikelilingi sepenuhnya oleh daratan Italia. Sebagai negara terkecil kelima di dunia, San Marino tidak memiliki bandara dengan alasan keterbatasan geografis. Meski begitu, wisatawan dapat mengakses kawasan indah ini melalui jalan darat.

Medan perbukitan dan pesona sejarah San Marino menjadikannya destinasi unik, bahkan tanpa perjalanan udara. Salah satu bandara terdekat adalah Bandara Internasional Federico Fellini di Rimini, Italia. Jaraknya sekitar 23 kilometer dari pusat kota San Marino.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *