Berita

5 Gejala Kista Ovarium yang Perlu Diwaspadai

×

5 Gejala Kista Ovarium yang Perlu Diwaspadai

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, JakartaKista ovarium adalah kantung berisi cairan atau padat yang berkembang di dalam atau di permukaan indung telur atau ovarium. Kondisi ini sering terjadi pada wanita usia reproduksi, yakni 14 hingga 49 tahun menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dalam banyak kasus, kista ovarium tidak disadari dan sembuh dengan sendirinya tanpa menimbulkan gejala atau komplikasi apa pun. Namun, tanda-tanda peringatan tertentu tidak boleh diabaikan, karena dapat mengindikasikan masalah yang lebih serius yang memerlukan perhatian medis.

Gejala Kista Ovarium yang Perlu Diwaspadai

1. Nyeri panggul

Salah satu gejala kista ovarium yang paling umum adalah nyeri panggul. Rasa sakit ini dapat bervariasi dari rasa tidak nyaman yang tumpul dan terus-menerus hingga rasa sakit yang tajam dan tiba-tiba. Lokasi dan intensitas nyeri dapat bergantung pada ukuran kista dan apakah kista telah pecah atau menyebabkan ovarium terpelintir (suatu kondisi yang dikenal sebagai torsi ovarium).

2. Rasa berat di perut bagian bawah atau daerah panggul

Banyak wanita dengan kista ovarium melaporkan sensasi berat atau tertekan di perut bagian bawah atau daerah panggul. Perasaan ini mungkin lebih terlihat setelah aktivitas fisik atau saat menstruasi.

3. Perubahan kebiasaan buang air besar atau kecil

Jika seseorang mengalami kesulitan buang air besar atau mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil yang tidak berhubungan dengan faktor lain (seperti peningkatan asupan cairan), itu bisa menjadi tanda kista ovarium menekan organ di sekitarnya dan menyebabkan gangguan.

4. Periode menstruasi yang tidak teratur atau berat

Menurut Tejal Deshmukh, Konsultan: Ginekologi, Rumah Sakit Manipal, Baner, Pune, India, kista ovarium terkadang dapat mengganggu keseimbangan hormonal normal, menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur atau menstruasi yang sangat berat. “Jika seorang wanita menyadari perubahan mendadak pada aliran atau pola menstruasinya, penting untuk menyelidikinya lebih lanjut ke dokter,” katanya.

5. Nyeri hebat saat menstruasi

Meskipun rasa tidak nyaman selama menstruasi adalah hal yang normal bagi banyak wanita, nyeri yang terus-menerus dan parah selama menstruasi yang tidak merespons obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat menjadi indikasi adanya masalah mendasar seperti kista ovarium.

Meskipun sebagian besar kista ovarium tidak menimbulkan ancaman yang signifikan, menyadari gejala di atas akan memberdayakan perempuan untuk mencari pertolongan medis tepat waktu jika diperlukan. Diagnosis dan penatalaksanaan dini dapat mencegah komplikasi dan memastikan kesejahteraan secara keseluruhan. Pemeriksaan rutin ke dokter kandungan penting untuk menjaga kesehatan reproduksi dan mengidentifikasi potensi masalah sejak dini.

Pilihan Editor: Penderita Kista Ovarium Hindari Kentang Goreng dan 6 Makanan Ini

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *