Berita

6 Kesalahan saat Lari yang Paling Banyak Dilakukan, Cek Dulu Biar Nggak Keliru!

×

6 Kesalahan saat Lari yang Paling Banyak Dilakukan, Cek Dulu Biar Nggak Keliru!

Share this article


Lari merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan. Namun, masih banyak kesalahan yang dilakukan sebagian orang saat melakukan olahraga ini.

Hal ini biasanya ditemukan ketika seseorang baru mulai berlari. Kesalahan dalam berlari dapat menyebabkan cedera dan masalah lainnya.

Lantas, apa saja kesalahan yang sering dilakukan saat lari? Simak ulasannya berikut! 

1. Lupa Melakukan Pemanasan

Cedera ketika tidak pemanasan/Foto:freepik.com/pressfoto

Dikutip dari Bustle, ketika kamu melewatkan pemanasan, kamu akan rentan cedera jika berlari terlalu jauh atau terlalu keras tanpa adanya persiapan bagi tubuh sebelumnya.

Kamu bisa memulai pemanasan dengan squat hingga berjalan santai. Disarankan untuk berjalan kaki sekitar 10 menit sebelum berlari agar detak jantung dapat menyesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan.

2. Kurang Asupan Makanan Sebelum Lari
Makan/pexels.com

Kurang Asupan Makanan Sebelum Lari/Foto: Pexels.com

Jangan lupa untuk menyediakan bahan bakar sebelum dibakar. Nutrisi dan hidrasi sangat penting untuk mendorong lari dan membantu pemulihan. 

Kamu bisa makan karbohidrat dalam dosis kecil, yaitu sekitar 30 menit sebelum melakukan olahraga. Tak lupa juga untuk menyiapkan air minum agar tubuh tetap terhidrasi. 

3. Lupa Waktu Istirahat

Lupa waktu istirahat/Foto:freepik.com/freepik

Lari secara bertutur-turut memang baik untuk mendapatkan motivasi untuk memulai latihan. Namun, jika kamu mengabaikan waktu istirahat maka dapat menyebabkan konsekuensi yang serius.

Dengan istirahat otot secara teratur, otot kamu tidak hanya beristirahat tapi juga memiliki waktu untuk beradaptasi dan tumbuh lebih kuat sehingga kamu dapat memperoleh manfaat dari semua latihan kamu. 

4. Terlalu Memaksakan Diri

Terlalu memaksanakan diri/Foto:freepik.com/pressfoto

Berlari terlalu cepat bisa menjadi kontraproduktif untuk latihan, karena bisa meningkatkan risiko cedera dan kelelahan. 

Jika kamu kehabisan napas untuk berbicara, artinya kamu berlari terlalu keras. Pelari yang mengetahui kecepatan larinya harus berlari sekitar dua menit lebih lambat di sebagian sesi latihannya. 


5. Mengenakan Pakaian yang Salah

Gunakan pakaian olahraga yang nyaman/Foto:freepik.com/freepik

Tak sedikit yang memakai jenis pakaian yang salah, sehingga membuat tubuh tidak nyaman saat berlari dan berisiko terkena penyakit.

Kamu bisa menggunakan pakaian berbahan DryFit untuk segera menghilangkan keringat dari tubuh dan membuat kamu tetap kering. 

 

6. Tidak Bernapas dengan Benar

Bernapas melalui hidung dan mulut/Foto:freepik.com/freepik

Sebagian pelari tidak yakin bagaimana mereka harus bernapas. Sebagai pemula kamu bisa mencoba berlari dengan kecepatan yang membuat kamu bernapas lega. 

Pastikan untuk bernapas melalui mulut dan hidung saat berlari. Hal ini karena otot membutuhkan oksigen untuk terus bergerak, namun hidung saja tidak dapat memberikan oksigen yang cukup sehingga perlu napas melalui mulut pula. 

Itulah beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan saat lari. Ada yang masih kamu lakukan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *