Berita

Aman Buat Ngemil, Berikut 6 Kacang Tersehat Menurut Sains

×

Aman Buat Ngemil, Berikut 6 Kacang Tersehat Menurut Sains

Share this article


Saat keinginan ngemil muncul, menemukan camilan yang tidak hanya mengenyangkan, tapi juga sehat secara bersamaan bisa sangat sulit. Inilah alasan mengapa kacang-kacangan bisa jadi alternatif camilan yang tidak hanya sehat, tapi juga mengenyangkan. Kacang-kacangan telah dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik, kesehatan otak, dan pengurangan peradangan.

Namun, jangan asal pilih, Beauties! Meski kacang dikenal sebagai sumber serat, protein, dan lemak sehat, kamu tetap harus berhati-hati. Dilansir dari Eat This, berikut 6 kacang tersehat menurut sains yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif camilan.

1. Kacang Pistasio





Pistasio/Foto: Freepik.com/rudoelena

Kacang kecil berwarna hijau ini mengandung beragam manfaat kesehatan dan merupakan satu-satunya kacang yang dianggap sebagai protein lengkap, yang berarti pistasio menyediakan semua asam amino esensial yang tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh kita. Selain itu, manfaat lain dari pistasio adalah sifat antioksidannya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University dan diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa pistasio memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi, termasuk yang tertinggi jika dibandingkan dengan nilai yang dilaporkan dalam penelitian terhadap banyak makanan yang terkenal dengan kapasitas antioksidan, seperti blueberry, delima, ceri, dan bit

2. Kacang Kenari

Deretan kacang tersehat yang cocok dijadikan camilan/Foto: Freepik.com/AndreyStar

Kacang kenari adalah sumber protein nabati, serat, dan lemak. Selain itu, kacang kenari adalah satu-satunya kacang pohon yang merupakan sumber asam lemak omega-3 ALA yang terbukti membantu kesehatan jantung, otak, dan mata.

Data juga menunjukkan bahwa mengganti sebagian daging dengan kacang kenari bisa meningkatkan rata-rata asupan serat, magnesium, dan asam lemak omega-3, serta penggantian sebagian ini juga bisa meningkatkan kualitas makanan secara keseluruhan.

3. Kacang Macadamia




Kacang tersehat di dunia
Kacang macadamia/Foto: Freepik.com/jcomp

Data menunjukkan kacang macadamia bisa dimasukkan dalam pola makan sehat jantung yang mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular dan mengganti makanan tinggi lemak jenuh dengan kacang macadamia juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition juga menunjukkan bahwa di antara pria dengan kolesterol tinggi, konsumsi kacang macadamia bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

4. Kacang Almond

Deretan kacang tersehat yang cocok dijadikan camilan/Foto: Freepik.com/jcomp

Selain mengandung lemak sehat, protein, dan serat untuk membantu kamu tetap kenyang, kacang almond juga mengandung vitamin E paling tinggi di antara jenis kacang sehat lainnya. Dalam satu ons kacang almond saja mengandung 45 persen vitamin E.

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang kuat dan dikenal membantu mengurangi peradangan serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, ini juga dikaitkan dengan menurunkan risiko penyakit jantung koroner, meningkatkan kesehatan otak dan mata.

Selain menyediakan vitamin E yang tinggi, penelitian juga menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi almond sebagai bagian dari pola makan sehat berpotensi membantu menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total.


5. Kacang Mete

Deretan kacang tersehat yang cocok dijadikan camilan/Foto: Freepik.com/jcomp

Kacang mete kaya akan protein, lemak sehat, vitamin K, dan magnesium. Di luar profil nutrisi dasarnya, beberapa penelitian menemukan bahwa kacang ini secara khusus bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Tinjauan tahun 2019 dari Current Developments in Nutrition juga menemukan bahwa konsumsi kacang mete secara teratur mungkin bisa membantu menurunkan tekanan darah, tapi penelitian tersebut masih belum meyakinkan mengenai dampak keseluruhannya terhadap berbagai faktor kesehatan jantung.

6. Hazelnut

 




Kacang tersehat di dunia
Hazelnut/Foto: Freepik.com/All Item Stock

Kacang hazel mengandung vitamin E, mangan, dan magnesium, serta bisa membantu kamu meningkatkan asupan lemak sehat, protein, dan serat. Selain itu, hazelnut juga diketahui mengandung senyawa tanaman antioksidan tingkat tinggi yang dikaitkan dengan tingkat peradangan dan kerusakan akibat stres oksidatif yang lebih rendah.

Itulah beberapa jenis kacang tersehat menurut sains yang bisa kamu jadikan sebagai camilan. Meskipun semua jenis kacang bisa membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, kamu tetap harus berhati-hati sebelum memilihnya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *