Berita

Jangan Asal Konsumsi Biji Selasih, Ini Bahayanya untuk Masalah Pencernaan

×

Jangan Asal Konsumsi Biji Selasih, Ini Bahayanya untuk Masalah Pencernaan

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta –  Selasih atau basil tidak hanya dimanfaatkan daunnya. Bijinya yang kaya serat dan mineral pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mencegah penyakit jantung hingga infeksi pernapasan. Namun, bahaya biji selasih jika dikonsumsi sembarangan juga tak boleh diabaikan. 

Biji selasih terlihat mirip dengan biji wijen tetapi berwarna hitam, sering juga disebut biji sabja atau tukmaria. Jenis yang dimakan biasanya berasal dari selasih, Ocimum basilicum, tanaman yang biasa digunakan untuk membumbui makanan.

Karena kandungan nutrisinya, biji-bijian yang mirip chia seeds ini sejak dulu dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda.

Namun, hati-hati mengonsumsi biji ini sembarangan. Dilansir dari Healthline, kandungan serat yang tinggi pada biji selasih dapat menyebabkan efek samping pencernaan seperti kembung, diare, refluks asam, kehilangan nafsu makan, dan beberapa masalah pencernaan lain. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah meningkatkan asupan serat terlebih dahulu secara bertahap sehingga usus memiliki waktu untuk menyesuaikan.

Dalam beberapa kasus, bahaya biji selasih juga bisa menyebabkan gula darah rendah. Selain itu, salah satu pemasok biji selasih mengklaim bahwa bijinya menyediakan vitamin K sebanyak 185 persen dari kebutuhan harian dalam satu sendok makan (13 gram). Vitamin K membantu pembekuan darah. Oleh karena itu, makan biji selasih dapat mengganggu terapi dengan obat pengencer darah warfarin atau yang serupa.  

Biji selasih juga disebut dapat menurunkan tekanan darah. Jika untuk orang yang sedang menjalani pengobatan hipertensi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

HEALTHLINE | PHARMEASY.IN | MILA NOVITA 

Pilihan Editor: 3 Kreasi Minuman Biji Selasih untuk Buka Puasa, Ada Es Timun Serut Selasih

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *