Berita

4 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan, Bisa Cegah Infeksi Bakteri dan Penyakit Kelamin!

×

4 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan, Bisa Cegah Infeksi Bakteri dan Penyakit Kelamin!

Share this article


Menjaga kebersihan reproduksi perempuan merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan perempuan secara keseluruhan. Kebersihan reproduksi membantu mencegah infeksi dan penyakit yang dapat mempengaruhi organ reproduksi kamu, seperti vagina, rahim, dan ovarium. 

Praktik kebersihan yang baik juga dapat membantu kamu menjaga keseimbangan flora bakteri alami di area reproduksi yang penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri jahat penyebab infeksi. Selain itu, menjaga kebersihan reproduksi dapat membantu perempuan menjaga kepercayaan diri dan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan merawat area reproduksi sebaik mungkin, kamu dapat menghindari bau tidak sedap, kelembapan berlebih, dan ketidaknyamanan lainnya. Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berikut sejumlah cara menjaga kesehatan reproduksi bagi perempuan. Yuk, simak!

Pakai Handuk Lembut

Ilustrasi handuk lembut/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Salah satu cara efektif menjaga kebersihan reproduksi perempuan adalah menggunakan handuk lembut, kering, bersih, dan tidak berbau setelah mandi. Dengan menggunakan handuk yang bersih dan kering, kamu dapat menghindari penyebaran bakteri penyebab infeksi atau iritasi pada area reproduksi.

Kamu juga dapat menggunakan handuk bersih untuk memberikan area kemaluan setelah berkeringat. Handuk lembut juga membantu mengurangi resiko gesekan pada kulit sensitif di sekitar organ reproduksi. Tentunya ini bisa menjaga kenyamanan dan kesehatan area tersebut.

Pilih Celana Dalam dengan Bahan Menyerap Keringat
pastikan celana dalam selalu bersih sebelum dipakai(Foto:www.freepik.com/atlascompany)

Ilustrasi/Foto: Freepik/atlascompany

Memilih celana dalam dengan bahan menyerap keringat merupakan langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi perempuan. Bahan yang menyerap keringat, seperti katun atau spandex, membantu menjaga area reproduksi tetap kering dan bebas dari kelembapan yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri atau jamur. 

Selain itu, bahan yang menyerap keringat juga membantu mengurangi risiko iritasi atau infeksi pada kulit sensitif. Pilihan tepat dalam memilih celana dalam punya peran penting untuk meningkatkan ventilasi udara sekitar reproduksi, membantu menjaga suhu tubuh tetap terkontrol dan mencegah perkembangan bakteri atau jamur.

Bukan cuma menjaga kebersihan, memilih celana dalam yang menyerap keringat membantu mengurangi risiko bau tidak sedap dan rasa tidak nyaman akibat kelembapan yang terperangkap di area reproduksi. Dengan menjaga area tersebut tetap kering dan segar, kamu bisa lebih percaya diri dan nyaman sepanjang hari. 

Ganti Pakaian Dalam Secara Rutin

Ilustrasi mengganti pakaian dalam secara rutin/Foto: Freepik

Mengganti pakaian dalam secara rutin merupakan kebiasaan penting yang harus diadopsi setiap perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi, termasuk kamu Beauties! Pakaian dalam yang digunakan setiap hari dapat menyerap keringat, sel-sel kulit mati, dan bakteri, menciptakan lingkungan ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi. 

Maka dari itu, kamu perlu mengganti pakaian setidaknya dua kali sehari untuk mengurangi resiko infeksi dan iritasi pada area reproduksi. Selain itu, mengganti pakaian dalam secara rutin juga membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan selama beraktivitas sehari-hari.


Bersihkan Alat Kelamin

Merawat area reproduksi perempuan/Foto: Freepik

Membersihkan alat kelamin setelah buang air kecil penting dalam menjaga kebersihan organ reproduksi perempuan. Bagi perempuan, cara terbaik membersihkan alat kelamin adalah dari arah depan menuju belakang. 

Langkah ini bisa mencegah bakteri yang terdapat pada anus agar tidak masuk ke dalam organ reproduksi. Dengan membersihkan dari arah depan menuju belakang, perempuan dapat mengurangi resiko infeksi saluran kemih atau infeksi lainnya.

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah untuk merawat area reproduksi perempuan dengan benar, kamu dapat mencegah infeksi dan iritasi. Kamu juga dapat menjaga keseimbangan bakteri alami di area reproduksi, lho.

Jangan lupa untuk memprioritaskan kebersihan dan perawatan organ reproduksi dengan tepat ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *