Berita

8 Rutinitas Pagi yang Bantu Menurunkan Kolesterol

×

8 Rutinitas Pagi yang Bantu Menurunkan Kolesterol

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Memulai hari Anda dengan perilaku sehat dapat membuka jalan bagi peningkatan kesehatan dan kesejahteraan. Jika Anda ingin menurunkan kolesterol secara alami, memasukkan rutinitas pagi tertentu ke dalam keseharian akan membantu. Oiya sebagai informasi, kadar kolesterol normal adalah kurang dari 200 mg/dL. Bila sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi, dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Berikut adalah sejumlah rutinitas pagi yang terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan kolesterol.

1. Pilih Menu Sarapan dengan Serat Larut

Memulai hari Anda dengan sarapan bergizi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang kaya serat larut, seperti oatmeal dengan pugasan atau topping buah segar atau roti gandum utuh dengan brokoli.

Serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol LDL alias “jahat”. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, mengonsumsi hanya 5 hingga 10 gram serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 5 persen.

2. Tambahkan Biji Rami ke Sarapan

Biji rami kaya akan asam lemak omega-3 dan serat, yang keduanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Taburkan biji rami bubuk pada sereal Anda di pagi hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, mengonsumsi 30 gram biji rami bubuk setiap hari selama tiga bulan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan.

3. Minumlah Segelas Jus Jeruk

Segelas jus jeruk segar di pagi hari juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jeruk kaya akan flavonoid, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, minum 750 ml jus jeruk setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan.

4. Minum Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut katekin, yang terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL. Mulailah pagi Anda dengan secangkir teh hijau, bukan kopi biasa. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, minum teh hijau secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

5. Jalan Pagi

Olahraga pagi dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL atau “baik” dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Berjalan-jalanlah sebentar di sekitar lingkungan Anda atau jogging di taman. Usahakan untuk melakukan setidaknya 30 menit olahraga intensitas sedang hampir setiap hari dalam seminggu.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Cardiology, olahraga aerobik secara teratur dapat meningkatkan kolesterol HDL hingga 5 persen.

6. Luangkan Waktu untuk Meditasi

Meditasi pagi hari dapat membantu menurunkan tingkat stres yang pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Luangkan waktu 10 menit untuk duduk dengan tenang dan fokus pada napas Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine, berlatih meditasi mindfulness dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

7. Camilan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan salah satu rekomendasi camilan di pagi hari untuk menurunkan kadar kolesterol. Almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

Selain itu, mengonsumsi kacang kenari di pagi hari juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menambahkan kenari ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Masak dengan Minyak Zaitun

Menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak sayur dalam masakan pagi Anda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol. Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Circulation, pola makan kaya minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Pilihan Editor: Dehidrasi Bisa Bikin Kolesterol Tinggi, Kata Dokter dan Studi

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *