Berita

5 Masker Wajah Alami Berbahan Madu, Bisa Dibuat di Rumah

×

5 Masker Wajah Alami Berbahan Madu, Bisa Dibuat di Rumah

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Menggunakan madu pada wajah bisa menjadi obat mujarab untuk banyak masalah kulit Anda. Ini adalah humektan alami dengan sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba, dan diperkaya dengan vitamin esensial.

Khasiat itu yang menjadikannya salah satu solusi perawatan kulit yang paling disukai untuk melawan kekeringan, munculnya jerawat, bintik matahari, dan kerutan.

Anda bisa menggunakannya sendiri pada kulit Anda atau menyiapkan masker wajah dengan bahan lain untuk mendapatkan manfaat maksimal. Dikutip dari Pinkvilla, berikut 5 masker wajah alami berbahan madu yang bisa Anda buat di rumah. 

1. Madu, Pisang, dan Air Mawar

Bahan-bahan:

1 sendok makan madu

4 potong pisang cincang

2 sendok teh air mawar

Cara membuat:

Haluskan pisang dengan garpu, pastikan tidak ada gumpalan. Campurkan madu dan air mawar di dalamnya.

Mulailah mengoleskan masker pada wajah dan leher Anda, pijat dengan baik, dan biarkan di kulit Anda selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Manfaat

Pisang bersifat anti-inflamasi dan membantu kulit tetap terlindungi dari jerawat. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber vitamin yang baik, terutama vitamin A dan C, yang keduanya telah berkali-kali terbukti efektif dalam melindungi kulit dari sinar matahari, meredakan sengatan matahari, memperbaiki gejala penuaan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen.

Kelopak mawar juga memiliki efek anti-inflamasi yang hebat pada kulit dan membantu menenangkan peradangan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar UV. Bukti anekdotal juga menunjukkan bahwa air mawar berfungsi baik sebagai toner dan membantu menenangkan kulit.

2. Madu, Kayu Manis, dan Pepaya

Bahan-bahan:

1 sendok teh bubuk kayu manis

1 sendok makan madu

4 potong pepaya cincang

Cara membuat:

Ambil potongan pepaya yang baru dipotong dan haluskan dengan benar di dalam mangkuk. Tambahkan bubuk kayu manis dan madu ke dalamnya dan aduk rata untuk membuat pasta dengan konsistensi halus. Pastikan tidak ada benjolan.

Pijat dengan gerakan memutar di seluruh wajah dan leher Anda. Jika perlu, Anda juga bisa mengaplikasikannya ke tangan Anda. Simpan masker di kulit Anda setidaknya selama 20 menit. Cuci muka secara menyeluruh dengan air dingin.

Manfaat

Kaya akan antioksidan, kayu manis membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas; ditambah lagi ia memiliki sifat anti-inflamasi untuk membantu kulit Anda melawan peradangan dan berbagai kelainan kulit.

Pepaya membantu kulit dengan mengobati peradangan, menyembuhkan kulit, dan mengobati kerusakan jaringan. Mengoleskan madu pada wajah bersama dengan pepaya dan kayu manis dapat membantu Anda mencegah masalah peradangan kulit.

3. Madu, Mentimun, dan Lidah Buaya

Bahan-bahan:

6 hingga 8 potong mentimun

1 sendok makan madu

1 sendok makan gel lidah buaya

Cara membuat:

Potong enam hingga delapan irisan mentimun dan parut. Campurkan dengan madu dan gel lidah buaya untuk membuat konsistensi seperti masker. Oleskan ini sebagai masker wajah dan simpan di kulit Anda selama 25 menit sebelum membilasnya dengan air.

Manfaat

Mentimun memiliki potensi sifat antioksidan yang memastikan Anda tidak perlu khawatir tentang kerusakan oksidatif yang membahayakan kulit Anda. Ditambah lagi, khasiatnya yang menenangkan membersihkan kulit dengan lembut sekaligus menutrisinya. Ini adalah obat yang ampuh untuk mengurangi pembengkakan, meredakan sengatan matahari, dan meredakan iritasi kulit.

Berbicara tentang lidah buaya, pastinya ini adalah salah satu bahan perawatan kulit yang paling banyak dibicarakan saat ini, dan mengapa tidak — ini adalah gudang nutrisi yang membantu menjaga kesehatan kulit.

Lidah buaya merangsang produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, dan meredakan gejala yang berhubungan dengan kulit kering.

4. Paket Wajah Madu, Neem, dan Tepung Gram

Bahan-bahan:

1 sendok teh bubuk nimba

2 sendok teh tepung gram

2 sendok makan madu

Cara membuat:

Kumpulkan semua bahan dan tuangkan madu ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan tepung gram dan bubuk nimba ke dalam madu dan aduk rata untuk memastikan tidak ada gumpalan yang tersisa.

Gosok dengan lembut pada kulit Anda dan biarkan selama sekitar 15 menit. Cuci masker wajah madu eksfoliasi ini setelah 10 menit dengan air hangat. Lanjutkan dengan pelembab.

Manfaat

Mengoleskan madu ke wajah Anda adalah cara terbaik untuk mengelupas kulit dengan lembut tanpa menghilangkan minyak alaminya. Bila dikombinasikan dengan kebaikan tepung gram dan neem, akan menjadi masker pengelupasan kulit yang luar biasa untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Tepung gram dikenal sebagai eksfoliator alami dan anti jerawat — tepung ini mengontrol produksi sebum dan mencerahkan warna kulit, sehingga membuka jalan bagi kulit yang sehat. Berbicara tentang mimba — ia menunjukkan efek antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi, sehingga mencegah sejumlah masalah kulit. 

Selain itu, neem terbukti sangat bermanfaat bagi penderita jerawat — sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan pembersih wajah neem membantu mencegah dan mengurangi jerawat pada orang dewasa tanpa efek samping apa pun

5. Paket Wajah Madu Dan Tomat

Bahan-bahan:

2 sendok makan jus tomat

1 sendok makan madu

Cara membuat:

Campurkan madu dengan jus tomat segar dan oleskan pada wajah Anda menggunakan kapas. Simpan masker wajah ini di kulit Anda selama 20 hingga 25 menit, lalu cuci dengan air dingin.

Manfaat

Tomat adalah buah lezat yang tidak hanya memberikan banyak manfaat kesehatan tetapi juga baik untuk kulit! Mereka membantu membangun kekebalan kulit untuk membantunya melawan infeksi sekaligus mencegah kehilangan air transepidermal untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Dalam penelitian lain terungkap bahwa ekstrak biji tomat meningkatkan elastisitas kulit untuk menjaga kesehatannya.

Apakah Ada Efek Samping Penggunaan Madu pada Wajah?

Meskipun madu aman digunakan pada kulit bagi kebanyakan orang, para ahli kesehatan menyarankan untuk menggunakannya dengan hati-hati jika Anda alergi terhadap serbuk sari, seledri, atau racun lebah. Selalu lakukan uji tempel sebelum memasukkannya ke dalam rutinitas kecantikan Anda.

Jika Anda mengalami ketidaknyamanan seperti alergi, gatal-gatal, iritasi, dan lainnya, segera cuci madu dari kulit Anda dan konsultasikan dengan dokter kulit jika gejalanya terus berlanjut. Selain itu, disarankan untuk tidak meninggalkan madu di kulit semalaman dan mencucinya setelah 20 hingga 25 menit.

Itulah 5 masker wajah alami berbahan madu yang bisa Anda buat di rumah. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

PINKVILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *