Berita

Jangan Biarkan Overthinking Merajalela, Begini 7 Cara Hentikannya agar Tenang Lagi

×

Jangan Biarkan Overthinking Merajalela, Begini 7 Cara Hentikannya agar Tenang Lagi

Share this article


Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menghadapi berbagai masalah dan situasi yang memicu kecenderungan untuk overthinking. Overthinking atau berpikir berlebihan dapat mengganggu kesehatan mental dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. 

Hal ini dapat mengakibatkan stres yang berlebihan, kecemasan, dan bahkan gangguan tidur. Namun, penting untuk diingat bahwa overthinking bukanlah sesuatu yang tidak bisa diatasi. 

Yuk pahami caranya agar kita dapat menghentikan overthinking dan menjaga kesehatan mental kita.

1. Mengenali Pemicu Overthinking

Mengenali Pemicu/ Foto: freepik.com/8photo

Trigger merupakan pemicu awal dari siklus berpikir berlebihan yang dapat mengarah pada kecemasan, stres, dan ketidaknyamanan mental lainnya. Melansir Psyche,  mengetahui apa yang memicu overthinking memungkinkan kamu untuk lebih waspada terhadap pikiran-pikiran ini dan mengambil tindakan sebelum overthinking berlangsung terlalu jauh. Kamu juga dapat mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah overthinking seperti menghindari situasi atau topik tertentu.

2. Mencari Distraksi

Mencari Distraksi/ Foto: pexels.com/Tirachard Kumtanom

Melansir Psychological Science, daripada duduk dan memikirkan masalah untuk waktu yang tak terbatas, kamu bisa mengalihkan perhatian sejenak. Lakukan aktivitas yang kamu sukai seperti berolahraga, bermain musik, melukis, mencoba resep masakan baru, berkumpul dengan teman, atau menyibukkan diri dengan pekerjaan. Hal ini akan membuat pikiran kamu lebih fokus pada hal yang lebih produktif.


3. Fokus dengan Penyelesaian Masalah

Fokus/ Foto: unsplash.com/Magnet.me

Daripada terus-menerus memikirkan masalah itu sendiri, fokus pada solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tentukan masalah yang sedang kamu hadapi dengan jelas dan spesifik, lalu buatlah daftar berbagai solusi yang mungkin dapat kamu terapkan untuk mengatasinya. Pilih solusi yang paling realistis dan paling dapat diimplementasikan.

4. Lakukan Meditasi

Lakukan Meditasi/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Meditasi dapat membantu menghentikan overthinking karena melibatkan praktik kesadaran (mindfulness) yang dapat memperkuat kemampuan kita untuk mengendalikan pikiran dan mengalihkan perhatian.

Melansir dari Behaviour Research and Therapy, penelitian telah menemukan bahwa meditasi selama 10 menit dapat menjadi cara yang efektif untuk menghentikan pikiran-pikiran yang mengganggu dan kekhawatiran.

5. Coba Lakukan Sesuatu yang Baik Untuk Orang Lain

Lakukan Sesuatu yang Baik/ Foto: freepik.com

Ketika kita fokus pada membantu orang lain, pikiran kita teralihkan dari masalah atau kekhawatiran yang memicu overthinking. Ini memberikan kesempatan untuk merasakan empati dan belas kasihan, mengalihkan perhatian dari pikiran negatif.

Selain itu, hal ini menyadarkan bahwa kita dapat membuat perbedaan positif dalam kehidupan orang lain sehingga meningkatkan perasaan harga diri dan kebahagiaan kita. Ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang sering kali terkait dengan overthinking.

6. Praktikan Self-Acceptance

Alih-alih menghukum diri sendiri atas hal-hal yang mungkin kamu sesali, coba untuk lebih menerima dan berbelas kasihan pada diri sendiri. Penelitian menunjukkan, strategi yang mungkin membantu kamu menjadi lebih menerima diri sendiri adalah seperti berlatih bersyukur, menerima dukungan yang kuat dari orang-orang yang dapat memberikan dorongan dan kasih sayang, serta memaafkan diri sendiri atas hal-hal yang disesali.

7. Meminta Bantuan Profesional

Jika kamu tidak dapat lepas dari overthinking, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan profesional. Overthinking mungkin merupakan gejala dari masalah kesehatan mental, seperti depresi atau kecemasan.

Di sisi lain, overthinking juga dapat meningkatkan perkembangan masalah kesehatan mental. Seorang profesional kesehatan mental akan mengajari kamu cara yang akan membantu menghentikan overthinking.

Dengan menerapkan tujuh cara di atas, diharapkan kamu dapat menghentikan overthinking dan menjaga kesehatan mental. Ingatlah bahwa mengatasi overthinking adalah proses yang berkelanjutan, jadi bersabarlah dengan diri sendiri dan teruslah berusaha. Semangat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *