Berita

5 Manfaat Minum Segelas Susu Sebelum Tidur untuk Orang Dewasa, Yuk Kamu Bisa Lakukan!

×

5 Manfaat Minum Segelas Susu Sebelum Tidur untuk Orang Dewasa, Yuk Kamu Bisa Lakukan!

Share this article


Minum susu sebelum tidur menjadi salah satu kebiasaan kita di masa kecil. Sebelum bergegas tidur, pasti ibu akan memberikan segelas susu agar tidur jadi lebih nyenyak. 

Namun, seiring bertambahnya usia, kebiasaan minum susu sebelum tidur banyak ditinggalkan. Coba Beauties ingat-ingat kembali, kapan di usia saat ini rutin minum susu sebelum tidur?

Ternyata, kebiasaan sederhana di masa kecil tersebut mendatangkan manfaat. Termasuk jika dilakukan oleh orang dewasa juga. Berikut sederet manfaat minum segelas susu sebelum tidur untuk orang dewasa. Simak!

1. Membantu tidur lebih cepat dan penambah energi

Ilustrasi tidur/Foto: Freepik/Drobotdean

Minum segelas susu dapat membantumu untuk dapatkan tidur lebih cepat. Mengutip Healthline, sejumlah penelitian kecil pada hewan dan manusia menunjukkan mengonsumsi produk susu seperti susu dan keju sebelum tidur dapat membantu mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak, meskipun alasannya masih belum jelas. 

Kebanyakan ahli sepakat, potensi susu untuk meningkatkan kualitas tidur kemungkinan besar terkait dengan senyawa kimia tertentu atau efek psikologis dari rutinitas tidur yang menenangkan, atau mungkin kombinasi keduanya. 

Selain itu, asupan nutrisi dari susu juga bisa membantu sebagai penambah energi.

2. Dapat meningkatkan siklus tidur yang sehat
Ilustrasi Perempuan Bangun Tidur/Foto: Freepik/Freepik

Ilustrasi bangun tidur/Foto: Freepik/Freepik

Senyawa tertentu dalam susu, khususnya tritofan dan melatonin dapat membantumu untuk tidur. 

Tritofan adalah asam amino yang dijumpai pada berbagai makanan yang mengandung protein. Ini memiliki peran penting dalam produksi Serotonin yang bisa meningkatkan mood, relaksasi, dan berfungsi sebagai prekursor dalam produksi hormon melatonin. 

Melatonin juga dikenal sebagai hormon tidur yang dilepaskan oleh otak. Ini dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk tertidur. 

Lebih lanjut, peran dari tritofan dan melatonin telah diteliti dapat meningkatkan kualitas tidur hingga mengurangi gejala kecemasan dan depresi yang mungkin bisa menyerang sebelum tidur. 

3. Membantu turunkan berat badan
Minum susu

Minum susu/Foto: Freepik.com

Untuk yang sedang menjalani program diet, minum segelas susu juga bisa membantu penurunan berat badan. Pasalnya, dengan meminum secangkir susu dapat menghilangkan dari kebiasaan ingin ngemil di malam hari. 

Namun, untuk yang sedang diet perlu diperhatikan untuk meminum susu yang rendah lemak dan rendah gula. 


4. Menjaga kesehatan kulit
Kulit sehat terlindungi dari efek buruk polusi/Foto: freepik.com/pressfoto

Ilustrasi kulit sehat/Foto: freepik.com

Ternyata, meminum susu hangat secara teratur sebelum tidur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan bikin glowing!

Mengutip Fittify, hal ini berkat adanya kandungan Vitamin B12 dalam susu yang dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mendukung pembentukan sel-sel baru menggantikan sel-sel mati. 

5. Efek psikologis
Ilustrasi anak minum susu

Ilustrasi minum susu/Foto: Thinkstock

Ya, minum segelas susu sebelum tidur juga bisa mendatangkan efek psikologis. Beberapa ahli menduga bahwa potensi peran susu sebagai alat bantu tidur tidak ada kaitannya dengan nutrisi, tapi lebih erat kaitannya dengan efek psikologis dari ritual tidur yang menenangkan. 

Teori lain mengatakan, minum susu hangat secara tidak sadar dapat mengingatkanmu pada kebiasaan di masa kecil, sehingga memberikan perasaan menenangkan. Hal inilah yang disebut bisa membuatmu cepat tidur. 

Nah setelah ini, Beauties mau mulai rutin minum segelas susu sebelum tidur nggak nih?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *