Berita

Tips Mengupas Buah Agar Tekstur dan Warna Tidak Berubah

×

Tips Mengupas Buah Agar Tekstur dan Warna Tidak Berubah

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Apakah kamu termasuk sering mengonsumsi buah secara rutin? Beberapa buah seperti apel, pir, dan jambu biji, berubah menjadi kecokelatan atau lebih gelap setelah dipotong diiris. Sebagian lagi bahkan menjadi lebih lembek sehingga mengurangi selera. Perubahan ini tidak hanya merusak rasa dan teksturnya, tapi juga membuatnya terlihat tidak higienis.

Alasan utama perubahan warna dan tekstur itu karena  oksidasi. Penyebabnya adalah ketika buah-buahan terkena udara, kelembapan di udara menyebabkan perubahan rasa dan tekstur. Kedua, memotong buah-buahan seperti apel dapat langsung melepaskan enzim yang bereaksi ketika terkena udara.

Untuk mencegah perubahan warna dan tekstur buah tersebut, inilah beberapa tips mengupas buah yang bisa kamu coba.

1. Bilas dengan air dingin yang mengalir

Setelah memotong atau mengiris buah, tiriskan melalui air dingin. Trik ini membantu mengurangi dan memperlambat reaksi enzimatik sehingga menyelamatkan buah berubah menjadi cokelat.

2. Campurkan dengan madu

Jika ingin mengemas buah-buahan untuk makan siang atau jalan-jalan, buat saus dingin dengan madu dan air hangat. Campur buah-buahan dalam larutan ini dan biarkan menyerap kebaikan madu. Tips ini akan menjaga buah segar tetap cerah, segar dan akan menyelamatkan dari oksidasi setidaknya hingga 8-9 jam.

3. Rendam di air jahe 

Setelah mengalirkan buah melalui air dingin, celupkan ke dalam air jahe. Kehadiran asam sitrat yang dapat dimakan dalam minuman ini bekerja sangat baik dalam mencegah buah dari oksidasi dan mempertahankan teksturnya yang renyah.

4. Pakai air jeruk

Buat campuran sederhana dari jus sitrus seperti lemon, nanas, atau jeruk, campur dengan sedikit air atau madu. Campurkan buh dengan air sitrus untuk membantu memperlambat reaksi enzimatik dan menyelamatkan buah dari menjadi gelap dan basah.

5. Rendam air garam

Air garam jadi solusi untuk banyak masalah, termasuk menjaga buah tetap terlihat segar. Caranya, masukkan air dingin bersama dengan sesendok teh garam, celupkan buah segar selama 2-3 menit, tiriskan airnya dan simpan.

Pilihan Editor: 5 Buah yang Dapat Membantu Pemulihan Pasien DBD

MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *