Berita

Heatwave Landa Asia Tenggara, Waspada 5 Penyakit saat Cuaca Panas Ekstrem

×

Heatwave Landa Asia Tenggara, Waspada 5 Penyakit saat Cuaca Panas Ekstrem

Share this article


Heatwave atau gelombang panas yang ekstrim tengah melanda beberapa negara di Asia Tenggara yang puncaknya terjadi pada April 2024. Suhu panas rata-rata di negara-negara terdampak bisa sekitar 40 hingga 50 derajat Celcius. Dampak dari fenomena heatwave ini juga menyebabkan meninggalnya 30 jiwa di Thailand yang terjadi dari Januari hingga April.

Melansir dari CNBC Indonesia, BMKG telah mengemukakan bahwa Indonesia tidak terdampak heatwave. Cuaca panas yang dirasakan di berbagai wilayah Indonesia merupakan perbedaan karakteristik atas fenomena panas yang terjadi.

Cuaca panas yang terasa di Indonesia merupakan dampak dari siklus gerak semu matahari dan dapat berulang setiap tahun. Namun, kamu juga perlu waspada terhadap 5 penyakit yang kerap muncul karena cuaca panas ekstrem yang dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan. Apa saja ya?

1. Dehidrasi

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Cuaca panas bisa mengakibatkan dehidrasi hingga serangan heat stroke. Kamu perlu waspada jika air kencing berwarna kuning keruh yang kemungkinan sudah dehidrasi parah. Heat stroke juga bisa membuat parah riwayat penyakit seseorang jika terlalu kelelahan akibat dehidrasi.

2. Panas Dalam

Ilustrasi/Foto: freepik.com/jcomp

Panas dalam bisa disebabkan karena cuaca yang terlalu panas. Akibatnya, tubuh terlalu mengalami panas yang lebih apalagi ditambah dengan makanan yang kurang tepat, seperti terlalu makan banyak gorengan atau pedas. 


3. ISPA

Ilustrasi/Foto: freepik.com/krakenimage.com

Infeksi Saluran Pernapasan bisa menjadi gangguan kesehatan karena cuaca yang panas. Ketika kamu beraktivitas banyak di luar ruangan atau mengendarai kendaraan dan tidak memakai masker, kamu bisa saja terkena debu di jalanan. Cuaca panas di Indonesia juga sering mengakibatkan kebakaran hutan, asap tebal yang terhirup bisa menyebabkan ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut.

4. Migrain

Ilustrasi/Foto: freepik.com/katemangistar

Migrain atau sakit kepala sebelah bisa menjadi penyakit yang rentan saat cuaca panas. Hal tersebut bisa terjadi ketika terpapar sinar matahari yang terik. Selain karena matahari, polusi udara yang berlebihan juga bisa jadi penyebabnya. 

5. Sakit Mata

Ilustrasi/Foto: freepik.com/stockking

Tak bisa disepelekan, sakit mata juga menjadi penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca panas, terutama ketika kotoran, asap, atau debu yang terpapar mata ketika beraktivitas. Gangguan mata merah, gatal, atau panas tentu akan membuatmu tidak nyaman.

Itulah 5 penyakit yang sering terjadi pada tubuh di saat cuaca panas ekstrim. Cukupi cairan agar tidak dehidrasi, makan makanan bergizi, ketika keluar ruangan, baiknya mengenakan masker dan sunscreen, serta minum suplemen atau vitamin bila diperlukan. Semoga kita tetap sehat di cuaca yang panas ini ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *