Berita

5 Tips Mengatasi Rambut yang Cepat Lepek, Jadi Tampil Percaya Diri Seharian!

×

5 Tips Mengatasi Rambut yang Cepat Lepek, Jadi Tampil Percaya Diri Seharian!

Share this article


Beauties, pernahkah kamu mengalami masalah rambut yang cepat lepek? Jika iya, kamu tidak sendirian, kok. Banyak orang menghadapi masalah ini karena berbagai faktor seperti jenis rambut, produk perawatan rambut yang digunakan, cuaca, dan kebiasaan perawatan rambut sehari-hari. 

Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, lumpkinsjail akan memberikan kamu lima tips mengatasi rambut yang cepat lepek!


Gunakan Shampoo dan Conditioner Khusus untuk Rambut Berminyak

Ilustrasi menuangkan shampoo/ Foto: Freepik

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rambut yang cepat lepek adalah dengan menggunakan shampoo yang dirancang khusus untuk rambut lepek atau berminyak.

Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan seperti Tea tree oil, coconut oil, Zinc pyrithione, dan Salicylic acid yang dapat membantu mengontrol produksi minyak pada kulit kepala. Gunakan shampoo ini secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

Hindari Produk Perawatan Rambut dengan Silikon

Ilustrasi menggunakan produk rambut/ Foto: Freepik

Banyak produk perawatan rambut yang menggunakan silikon, biasanya bahan ini dapat menghaluskan dan menambah kilauan rambut. Di sisi lain, silikon ini dapat menumpuk pada rambut dan membuat rambut semakin berminyak dan berat.

Beberapa silikon yang sering ditemukan antara lain, dimethicone, cyclomethicone, dan amodimethicone. Silikon tersebut dapat menghambat kelembapan ke batang rambut, yang sebenarnya dibutuhkan oleh rambut.

Jangan Sering Menyentuh Rambut

Ilustrasi menyentuh rambut: Foto: Freepik

Kebiasaan menyentuh rambut, termasuk menyisir secara berlebihan dapat membuatnya menjadi lebih cepat lepek. Jika kamu sering menyentuh rambut, minyak dan kotoran pada tangan akan tertransfer ke rambut, yang akan membuatnya terlihat lebih berminyak. 

Sedangkan jika terlalu banyak menyisir dapat merangsang kelenjar minyak. Dilansir dari  Healthline, sisir dapat menarik minyak kulit kepala ke dalam helaian rambut dan menambah minyak ekstra dari tangan.

Cobalah untuk menghindari menyentuh rambut kamu sebanyak mungkin, terutama jika tangan kamu sedang kotor atau berminyak.

Gunakan Dry Shampo

Ilustrasi gunakan dry shampoo: Foto: Freepik

Dry shampoo adalah produk yang sangat berguna untuk mengatasi rambut lepek. Produk ini berfungsi untuk menyerap minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut, sehingga membuat rambut terlihat lebih segar dan tidak lepek. 

Dry shampoo juga biasanya dilengkapi dengan sentuhan pewangi yang membantu menyuburkan rambut kamu. Namun, sayangnya, penggunaan ini dapat menambah residu yang membuat kepala terasa berpasir pada sebagian orang.

Jadi, sebaiknya gunakan hanya sesekali saja, dan bilas di kemudian harinya. 

Jangan Keramas Berlebihan

Ilustrasi keramas/Foto: Freepik

Pada sebagian orang, keramas terlalu sering dapat membuat rambut mudah lepek. Jika kamu suka keramas  sehari sekali, namun selalu lepek di penghujung hari, sebaiknya mengukur seberapa sering kamu keramas.

Sebenarnya, keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala, hal ini dapat menghasilkan lebih banyak minyak untuk dehidrasi.

Jika kamu memiliki kulit kepala kering, dan gatal selain rambut berminyak, maka merenggangkan waktu keramas adalah pilihan yang tepat untuk menyeimbangkan produk minyak di kulit kepalamu.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI! 


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *