Berita

7 Rekomendasi Makanan Khas Bali yang Jangan Dilewatkan Saat Berkunjung, Semuanya Enak!

×

7 Rekomendasi Makanan Khas Bali yang Jangan Dilewatkan Saat Berkunjung, Semuanya Enak!

Share this article


Berkunjung ke suatu tempat rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi sederet makanan khasnya ya, Beauties. Salah satu destinasi wisata yang selalu jadi favorit banyak orang adalah Bali.

Tidak hanya kaya akan budaya, tapi Bali juga punya sederet makanan khas yang bisa kamu nikmati saat berkunjung. Soal rasa nggak perlu diragukan lagi!

Berikut adalah rekomendasi makanan khas di Bali yang jangan sampai kamu lewatkan, karena punya cita rasa yang enak. Yuk simak!

1. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo/Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Nasi Jinggo merupakan salah satu makanan khas Bali yang berisikan aneka lauk. Ada nasi, orek tempe, mie goreng, telur, kacang, dan ayam suwir, hingga sambal.

Umumnya, nasi jinggo beralaskan atau berbungkus daun pisang. Untuk porsinya pun tidak terlalu besar, sehingga sering disebut seperti nasi kucingnya Bali.

Kamu bisa menemui nasi Jinggo di warung-warung kecil pinggir jalan. Selain itu, beberapa hotel pun menyajikan nasi Jinggo untuk menu sarapan.

2. Nasi Campur, Mentari Restautant
Sederet makanan khas Bali

Nasi Campur/Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Ingin pilihan makanan yang bervariasi untuk makan siang? Berkunjung ke Mentari Restaurant bisa menjadi opsi terbaik.

Restoran ini menyajikan sederet menu khas Bali. Seperti sate lilit tuna, ayam bumbu Bali, sayur, mie goreng, hingga berbagai sambal.

Disajikan dalam bentuk prasmanan, di sini kamu bisa makan sepuasnya hanya dengan satu kali bayar.

  • Lokasinya: Jl Raya Bedugul Km 50 Candikuning-Baturiti, Tabanan, Bali.
3. Seafood di Jimbaran, Bali
Sederet makanan khas Bali

Seafood di Jimbaran/Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Jangan lewatkan kenikmatan menikmati aneka ragam seafood di sepanjang warung seafood Jimbaran, Bali. Mulai dari ikan bakar, udang bakar, cumi goreng tepung, hingga cah kangkungnya memiliki cita rasa yang lezat dan fresh!

Dalam kesempatan ini, Tim lumpkinsjail mencoba warung seafood Nyoman. Cita rasanya tentu enak! Salah satu yang jadi favorit adalah udang bakar bumbu Balinya yang memiliki wangi dan bumbu bakaran khas dan dagingnya yang segar.

4. Lumpia Pantai
Sederet makanan khas Bali

Lumpia Pantai/Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Salah satu camilan yang jadi incaran banyak orang saat berkunjung ke pantai di Bali adalah lumpia pantainya.

Lumpia pantai berisikan beragam macam gorengan yang diberi campuran saus kacang manis dan diberi sedikit kecap serta potongan cabe rawit.

Umumnya, di beberapa pantai di Bali akan ada penjual lumpia yang memanggul box kaca seperti akuarium yang berisikan lumpia di atas kepalanya. Harganya sangat murah, hanya Rp10 ribu saja. Cocok untuk menjadi teman menikmati sunset di pantai Bali. 


5. Ayam Betutu Ajik asli Bali
Sederet makanan khas Bali

Ayam Betutu/Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Ayam betutu kuah atau goreng di Restoran Ayam Betutu Ajik asli Bali, jangan sampai kamu lewatkan! 

Tim lumpkinsjail mencoba varian ayam gorengnya. Bumbu serundeng dan ayam goreng yang lembut, dipadukan dengan sambal matah dan sambal merahnya yang pedas sangat menggugah selera. Di samping itu, ada sayuran kangkung dan tauge, serta crunchy dari kacang tanah goreng. 

6. Tipat Kuah Ayam Khas Bali
Sederet makanan khas Bali

Tipat Kuah Ayam Khas Bali/Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Tipat Kuah Ayam khas Bali sangatlah berbeda dengan ketupat sayur khas Padang atau Betawi. Sebab, kuah ketupat sayur khas Bali ini memiliki warna yang bening, karena berasal dari kaldu ayam. 

Dalam semangkuknya berisikan lengkap karbohidrat dari ketupat, ada protein dari telur dan ayam, lalu seratnya ada kacang panjang, kol, dan tauge. Untuk lebih pedas, bisa ditambahkan dengan sambal. 

Dinikmati selagi hangat, rasanya jauh lebih nikmat!

7. Klepon Asli Gianyar: Dayu Niang Eka
Sederet makanan khas Bali

Klepon Asli Gianyar/Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Terakhir, kalau Beauties suka makanan manis atau bingung ingin dessert apa, tapi masih termasuk makanan khas Bali, bisa mencoba Klepon Asli Gianyar: Dayu Niang Eka. 

Rasa manisnya pas tidak bikin giung, dengan adonan yang lembut. Dinikmati selagi masih hangat sangatlah pas. Namun, didiamkan lebih lama juga tidak merubah rasa, tetap enak kok!

Beauties, itu dia sederet rekomendasi makanan khas Bali yang bisa kamu nikmati saat berkunjung. Jadi, kapan nih rencana liburannya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *