Berita

5 Kombinasi Buah-Buahan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan, Bisa Beracun!

×

5 Kombinasi Buah-Buahan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan, Bisa Beracun!

Share this article


Buah-buahan kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa jenis buah yang jika dikombinasikan dengan buah atau makanan lainnya, justru malah bisa beracun dan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Sehingga, mencampur buah-buahan malah menjadi hal yang tidak sehat.

Melansir dari Times of India berikut ini kombinasi buah-buahan yang tidak boleh dimakan bersamaan, baik dengan buah-buahan lain ataupun dengan jenis makanan dan minuman, apa saja ya?

1. Jambu biji dan Pisang

Jambu biji/Foto: freepik.com/spams

Baik membuat salad atau jus, mencampurkan jambu biji dan pisang bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Jika dimakan secara bersamaan, kombinasi buah ini bisa menyebabkan kembung, mual, sakit kepala, hingga asam lambung naik.

2. Pepaya dan Lemon

Pepaya/Foto: freepik.com/jcomp

Kamu suka memakan buah pepaya atau membuat salad buah pepaya? Jangan pernah menambahkan saus lemon ke dalam salad pepaya karena bisa beracun. Lemon yang dicampurkan dengan pepaya bisa menurunkan kadar hemoglobin dan bisa mengakibatkan darah menjadi tidak seimbang yang mungkin bisa berbahaya.


3. Nanas dan Susu

Nanas/Foto: freepik.com/jcomp

Nanas menjadi buah favorit banyak orang yang menyegarkan. Tapi jangan mencampurkan nanas dan susu karena bisa menyebabkan sakit perut, mual, dan kembung pada sebagian orang. Nanas memiliki senyawa Bromelain yang bisa bereaksi dengan susu sehingga bisa menyebabkan beberapa masalah bagi orang yang sensitif terhadap reaksi tersebut.

4. Semangka dan Air

Semangka/Foto: freepik.com/grmarc

Mencampurkan semangka dengan buah lain untuk smoothie atau minum air setelah makan semangka perlu dihindari. Hal tersebut bisa mengakibatkan masalah penyerapan nutrisi, masalah pencernaan, memperlambat proses pencernaan, hingga menyebabkan kembung dan asam lambung.

5. Buah dan Sayur

Buah dan Sayur/Foto: freepik.com/freepik

Buah-buahan dan sayur tidak boleh dicampur ketika dikonsumsi. Buah-buahan memiliki kandungan gula yang lebih banyak dan sulit dicerna. Hal tersebut bisa menghasilkan racun yang dapat menyebabkan sakit perut, sakit kepala, bahkan diare. Salah satu kombinasi jeruk dan wortel harus dihindari karena sangat berbahaya. Jika mengkonsumsi keduanya secara bersamaan diketahui bisa menyebabkan mulai hingga kerusakan ginjal.

Beauties, meski memiliki banyak kandungan baik dalam buah, ternyata memang ada dampak yang membahayakan tubuh jika konsumsi buah-buahan dengan jenis lainnya ya. Semoga bermanfaat ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *