Berita

8 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan Fisik dan Mental

×

8 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, JakartaJalan tanpa alas kaki di tempat yang nyaman dan aman seperti bebatuan di taman atau di tepi pantai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak cuma baik untuk fisik, tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Yuk, kita kulik manfaat jalan tanpa alas kaki.

1. Meningkatkan koneksi dengan alam

Jalan tanpa alas kaki membantu orang merasa membumi dan terhubung dengan energi tanah. Sejumlah orang sangat menghargai alam, sehingga berjalan tanpa alas kaki membuat mereka merasa terhubung dengan alam.

2. Mengurangi stres

Ini adalah fakta ilmiah bahwa berjalan tanpa alas kaki merangsang ujung saraf di kaki. Latihan ini membantu mengurangi stres dengan tekanan konstan dan pemijatan saraf. Hal ini memungkinkan gaya berjalan lebih santai dan bebas stres.

3. Bantu postur tubuh lebih baik

Berjalan tanpa alas kaki melatih tungkai, pergelangan kaki, dan kaki dengan cara yang berbeda, sehingga meningkatkan keselarasan dan postur seluruh tubuh. Saat mengenakan sepatu, seseorang mungkin tidak mengalami keseluruhan gerakan pada kaki, sehingga dapat membatasi postur tubuh.

4. Meningkatkan keseimbangan

Dengan bertelanjang kaki, seseorang dapat belajar menyeimbangkan tubuhnya dengan baik dan mengurangi kemungkinan terjatuh atau tersandung saat berjalan.

5. Memperkuat otot kaki

Mengenakan sepatu mungkin membatasi rentang gerak alami kaki Anda, sementara bertelanjang kaki membantu ligamen dan otot kaki Anda menjadi lebih kuat dan lebih beradaptasi dengan berbagai permukaan. Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu otot-otot tersebut menjadi lebih kuat dan mencengkeram permukaan dengan lebih baik.

6. Meningkatkan sirkulasi

Berjalan tanpa alas kaki memberikan tekanan pada telapak kaki, yang meningkatkan sirkulasi darah dan mendukung kesehatan jantung serta kesejahteraan secara umum. Memijat telapak kaki secara terus-menerus dengan tanah dapat meningkatkan sirkulasi darah di kaki.

7. Eksfoliasi alami

Jalan tanpa alas kaki membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari telapak kaki, sehingga kaki menjadi lebih lembut dan halus.

8. Meningkatkan perhatian

Berjalan tanpa alas kaki menumbuhkan kesadaran dan kehadiran. Aktivitas ini salah satu cara yang bagus untuk waspada terhadap lingkungan mereka dan saat ini.

Pilihan Editor: 4 Alasan Mengapa Jalan Kaki Bisa Bantu Bakar Lemak

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *