Berita

Catat, Ini 5 Pertanyaan yang Dapat Kamu Tanyakan Saat Wawancara Kerja

×

Catat, Ini 5 Pertanyaan yang Dapat Kamu Tanyakan Saat Wawancara Kerja

Share this article


Wawancara kerja adalah salah satu tahap yang wajib kamu lewati untuk mendapatkan tawaran kerja. Biasanya ada dua tahap wawancara, yakni bersama tim Human Resources (HR) dan user yang akan menjadi atasan saat bekerja. 

Sebelum mengakhiri wawancara, tim recruiter akan menanyakanmu, “Apakah ada yang ingin ditanyakan?”. Sebagai kandidat karyawan di perusahaan tersebut, ini merupakan kesempatan emasmu mengambil hati mereka. 

Menanyakan beberapa hal penting yang sesuai akan menunjukkan bahwa dirimu tertarik dengan perusahaan mereka. Namun, ada beberapa calon karyawan yang bingung bertanya sehingga melewati kesempatan ini. 

Dalam tips karier kali ini, ada deretan rekomendasi pertanyaan yang dapat kamu tanyakan saat wawancara. Simak di bawah ini, yuk! 

1. Apa Tanggung Jawab Sehari-hari Mengenai Posisi yang Dilamar?

Ilustrasi wawancara kerja /Foto: Freepik/yanalya

Pertanyaan ini cocok kamu lontarkan kepada user atau calon atasanmu langsung. Menanyakan hal ini akan membuatmu mempelajari lebih lanjut mengenai posisi yang dilamar dan apakah cocok untukmu. 

Sebagai contoh, jika kamu melamar menjadi seorang content writer penuh waktu, tanyakan berapa artikel yang wajib ditulis dalam satu hari. Jawaban dari user dapat memberimu gambaran pengalaman dan skill apa yang wajib kamu kuasai sebelum bekerja. 

2. Tantangan Terbesar Apa yang Divisi Ini Akan Alami di Beberapa Bulan ke Depan?

Ilustrasi sedang wawancara /Foto: Freepik/jcomp

Setiap divisi sudah memiliki gambaran proyek apa yang akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Mengutip Real Simple, menanyakan pertanyaan ini akan menggambarkan bahwa kamu bersemangat untuk mencari solusi selangkah lebih maju.

Selain itu, pertanyaan ini akan menunjukkan rasa penasaranmu mengenai kelebihan dan kekurangan dari divisi yang kamu lamar. Jawaban dari user pun akan membantumu agar tidak kaget saat mengerjakan proyek bersama mereka. 

3. Bagaimana Budaya Kerja di Perusahaan Ini?

Ilustrasi bekerja/Foto: Freepik/pressfoto

Budaya kerja perusahaan wajib kamu tanyakan saat wawancara kerja. Dengan bertanya hal ini, kamu akan mengetahui bagaimana lingkungan kerjanya, perlakuan perusahaan kepada karyawan, persentase work-life balance, serta hak yang bisa kamu terima. 

Jangan pernah malu untuk menanyakan hal ini. Sebab, budaya kerja penting kamu ketahui untuk mengecek kecocokanmu dengan perusahaan tersebut. 


4. Apakah Ada Pelatihan Pengembangan Skill yang Ditawarkan Perusahaan? Jika Ada, Bagaimana Bentuknya?

Ilustrasi pekerja di kantor /Foto: Freepik

Masih berkaitan dengan poin nomor tiga, kamu memiliki hak sebagai karyawan jika diterima dalam suatu perusahaan. Salah satu hak yang bisa kamu terima adalah pelatihan pengembangan skill yang ditawarkan oleh perusahaan.

Namun, tidak semua perusahaan menawarkan hal tersebut. Maka dari itu, tanyakan terlebih dahulu. Mengutip Indeed, pertanyaan ini juga dapat menilai apakah kamu akan memiliki jangka karier yang panjang di sana. 

5. Apa Langkah Selanjutnya?

Ilustrasi kandidat sedang wawancara kerja /Foto: Freepik/katemangostar

Yang terakhir, pastikan untuk menanyakan kejelasan mengenai langkah lamaran kerja selanjutnya. Hal ini bertujuan agar kamu tidak khawatir berlebihan dan lebih mempersiapkan langkah selanjutnya. 

Pertanyaan ini termasuk mengenai pengumuman hasil lamaran. Jadi kamu akan tahu kapan dan melalui apa pengumuman akan diberitahukan kepada kandidat. 

Nah, itu dia tips karier kali ini mengenai lima rekomendasi pertanyaan saat wawancara kerja. Buat Beauties yang sedang berjuang mencari lamaran kerja, semangat terus, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *