Berita

7 Cara Unik Orang Cerdas untuk Mengelola Stres dan Burnout, Yuk Terapkan!

×

7 Cara Unik Orang Cerdas untuk Mengelola Stres dan Burnout, Yuk Terapkan!

Share this article


Pernahkah kamu merasa terpuruk secara mental dan fisik akibat pekerjaan? Atau kamu mengalami kelelahan dan stres dalam jangka waktu relatif lama? Kamu perlu segera mengatasinya agar bisa lebih produktif.

Sayangnya, mengatasi kelelahan bisa menjadi tantangan nyata bagi sebagian orang. Karena itu, sangat penting untuk mempelajari cara bangkit dari kelelahan dan burnout agar tidak lebih buruk.

Merangkum dari Hack Spirit, berikut beberapa cara unik yang digunakan orang-orang cerdas untuk mengelola stres dan kelelahan akibat bekerja.

Tetap Tersenyum Meski Tidak Merasakannya


Ilustrasi/Foto: Unsplash/Brooke Cagle

Siapa yang masih bisa tertawa ketika dalam kondisi sulit? Tidak semua orang bisa melakukannya. Bedanya, orang cerdas masih bisa tersenyum bahkan ketika keadaan sedang sulit. Ini bukan hanya tentang merasakan tawa. Mereka menggunakan cara ini untuk menghilangkan stres.

Orang cerdas pasti tahu bahwa tertawa bisa menghilangkan stress dengan cepat dan membuat mereka merasa lebih baik, meskipun hanya sesaat. Pasalnya, sedikit tertawa bisa mengelabui otak agar merasa lebih bahagia.

Ketika kamu merasa lebih bahagia, jantungmu akan lebih terkendali. Semua otot yang tegang di tubuh juga bisa mendapatkan istirahat yang menenangkan.

Menggunakan Blok Waktu untuk Setiap Aktivitas

Menggunakan Blok Waktu untuk Setiap Aktivitas/Foto: Freepik/Jcomp

Blok waktu adalah senjata rahasia untuk merasa lebih terkendali dan tidak terlalu kewalahan. Ini juga menjadi langkah terbaik untuk melawan penundaan. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk menetapkan waktu tertentu untuk setiap tugas agar tetap fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Misalnya, kamu mendedikasikan waktu dari jam 7 hingga jam 9 pagi untuk proyek penting yang membutuhkan perhatian penuh. Pada waktu ini, kamu juga tidak perlu mengecek email baru yang harus kamu tangani segera. Jangan lupa istirahat makan siang dan berjalan-jalan sebentar untuk menemukan keseimbangan hidup.

Kamu juga bisa memilih waktu sore hari untuk bertukar pikiran tentang ide yang kamu miliki dan menyempurnakan presentasi dengan lebih santai untuk esok hari. Dengan begitu, kamu bisa memastikan untuk membedakan waktu istirahat, waktu pribadi, dan waktu untuk bersenang-senang.

Berbagi Tugas Bersama

Berbagi Tugas Bersama/Foto: Freepik

Menguasai produktivitas adalah cara penting yang perlu kamu lakukan. Melakukan segalanya sendirian ditambah multitasking justru akan memperlambat kinerja kamu. Orang cerdas biasanya menyadari bahwa mereka bisa lebih produktif dan mengurangi stres dengan berbagi tugas. Kamu bisa mendelegasikan tugas kepada rekan kerja agar tidak kewalahan.

Tetap Aktif Bergerak

Tetap Aktif Bergerak/Foto: Unsplash/Bruce Mars

Orang pintar juga memastikan dirinya tetap sehat dan aktif bergerak, lho, Beauties. Mereka selalu menjadwalkan untuk berolahraga secara teratur karena memahami pentingnya tetap aktif dan menggerakkan tubuh.

Tidak hanya membuat tubuh merasa lebih nyaman, ini juga berperan penting dalam mengelola stres karena membantu meringankan depresi dan kecemasan. Ini karena terjadi pelepasan hormon endorfin yang membuat kamu merasa nyaman.

Maka dari itu, pertimbangkan untuk bergabung dengan pusat kebugaran rutin. Jika kamu tidak punya cukup waktu, kamu bisa berolahraga di rumah, berjalan-jalan, atau menikmati bersepeda di pagi hari.

Melakukan Power Nap

Melakukan Power Nap/Foto: Unsplash/Alexander Grey

Menurut Mayo Clinic, tidur siang merupakan kekuatan super kecil bagi tubuh seseorang. Tidur siang bisa meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Bagi orang-orang dengan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kewaspadaan, seperti pilot dan pengemudi, power nap adalah senjata rahasianya.

Mereka mengisi ulang energi melalui tidur singkat untuk mencegah rasa kantuk dan kecelakaan.

Selain itu, tidur siang juga berperan sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. tidur siang selama 30 menit bisa memberikan manfaat yang sangat baik dalam menghilangkan stress dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beristirahat Sejenak Saat Bekerja

Beristirahat Sejenak Saat Bekerja/Foto: Unsplash/Dai Ke

Berbeda dengan power nap, beristirahat sejenak di tempat kerja juga bisa menjadi jalan untuk menghilangkan stres dan meningkatkan fokus. Duduk berjam-jam di depan komputer bukanlah hal yang baik bagi tubuh dan bisa memicu rasa kantuk.

Jadi, agar tubuhmu tetap dalam mode ‘happy dance’, carilah waktu untuk istirahat sejenak di tengah kesibukanmu. Misalnya, kamu bisa berjalan-jalan sebentar di sekitar meja kerja setiap 30 menit. Atau kamu bahkan bisa benar-benar menari jika kamu bekerja dari rumah.

Menemukan Seorang Pendukung Setia

Menemukan Seorang Pendukung Setia/Foto: Freepik/Lifestylememory

Beauties, bukankah menyenangkan berbicara dengan seseorang yang benar-benar memahami tantangan yang kita hadapi? Nah, orang pintar juga tahu betapa hebatnya memiliki seseorang yang benar-benar memahami apa yang mereka alami.

Saat kamu bercerita, situasi ini bisa menciptakan rasa empati dan membuat kamu merasa didukung. Pasalnya, rasa stres bisa mendatangkan rollercoaster emosi dalam diri seseorang. Ketika ada seseorang yang mendukung secara emosional, kamu tentu bisa meminimalisir rasa stres yang sedang kamu hadapi.

Selain itu, mereka juga bisa memberimu perspektif dan ide segar untuk mengatasi masalah. Tips ini bisa membantu kamu mendapatkan sudut pandang berbeda untuk menghadapi masalah.

Jadi, apakah kamu sudah siap menerapkan berbagai tips di atas agar lebih cerdas dalam mengelola stres dan burnout, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *