Berita

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Pembalut saat Menstruasi?

×

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Pembalut saat Menstruasi?

Share this article


Menjaga kebersihan selama menstruasi sangat penting untuk merawat daerah kewanitaan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah mengganti pembalut secara berkala setiap harinya.

Setiap perempuan mempunyai gejala dan siklus menstruasi yang berbeda-beda. Sehingga, berapa kali waktu untuk mengganti pembalut tentu dapat disesuaikan dengan tingkat kenyamanan setiap orang.

Namun, membiarkan menggunakan pembalut dalam waktu lama juga bisa berdampak terhadap masalah kewanitaan. Maka penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk ganti pembalut seperti yang telah dirangkum melalui Healthline di bawah ini.

1. Ganti Setiap 4 Jam





Ilustrasi mengganti pembalut. /Foto: Pexels.com.

Berdasarkan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), asosiasi kedokteran ini merekomendasikan untuk mengganti pembalut setidaknya setiap 4 hingga 8 jam sekali. Pernyataan tersebut hanya berdasarkan kisaran umum tergantung pada aliran deras dan jenis pembalut yang digunakan.

2. Saat Terasa Tidak Nyaman

Ilustrasi tidak nyaman saat menstruasi. /Foto: Freepik.com.

Pembalut memang sebaiknya harus diganti sebelum penuh untuk menghindari kebocoran. Kondisi pembalut yang terlalu basah juga biasanya dapat menimbulkan bau tidak sedap di sekitar area kewanitaan.

Maka dari itu, kamu harus memantau seberapa penuhnya selama beberapa kali. Jika pembalut sudah terasa basah atau tidak nyaman, maka segeralah ganti dengan pembalut baru.

3. Setelah Beraktivitas

Ilustrasi setelah beraktivitas di luar ruangan. /Foto: Freepik.com.

Aktivitas di luar ruangan seperti olahraga, rutinitas bekerja, atau menghadapi cuaca panas akan membuat pembalut menjadi basah dan bau. Ini juga bisa membuat daerah kewanitaan terlalu lembab dan terasa panas.

Maka dari itu, setelah beraktivitas di luar ruangan disarankan untuk segera mengganti pembalut meski aliran darah tidak begitu deras. Cara ini berguna untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap dan bakteri akibat keringat yang menempel di sekitar pembalut.


4. Gunakan 4 Pembalut Setiap Hari

Ilustrasi memakai pembalut setiap hari. /Foto: Freepik.com.

Untuk menentukan jumlah pembalut yang bisa digunakan setiap harinya memang tidak menentu karena disesuaikan kebutuhan. Perkiraannya, kamu bisa menghabiskan setidaknya 4 pembalut termasuk saat waktu tidur. 

Tentu faktor lain seperti aliran darah terlalu deras mungkin akan memerlukan jumlah pembalut lebih banyak. Sebaiknya pilihlah jenis pembalut yang memiliki sayap lebar agar kamu bisa beraktivitas lebih nyaman.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *