Berita

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tanda Kamu Harus Segera Resign

×

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tanda Kamu Harus Segera Resign

Share this article


Resign atau berhenti kerja merupakan suatu hal yang biasa terjadi dalam dunia kerja. Keputusan tersebut terkadang menjadi dilema tersendiri, karena belum mendapatkan pekerjaan baru tetapi terdesak oleh faktor-faktor yang membuat ingin segera resign.

Lantas, apa saja tanda bahwa kamu harus segera resign dari pekerjaan? Simak, yuk, Beauties!

Atasan yang Toxic

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tanda Kamu Harus Segera Resign/Foto: Freepik

Tentunya, atasan yang baik dan positif akan membuat karyawan bisa lebih mengembangkan potensinya di tempat kerja. Namun, kita kerap kali menemukan atasan yang toxic yang membuat ingin berhenti dari pekerjaan.

Menurut survei dari situs keterlibatan karyawan, Gallup, 50 persen karyawan memutuskan untuk resign adalah karena memiliki atasan yang toxic. Jika kamu memiliki atasan yang tidak kompeten, tidak menghargai kinerja, tidak jujur, bahkan korupsi, itu adalah pertanda bahwa kamu harus segera resign dan mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan yang jauh lebih baik.

Motivasi Kerja Menurun
Stres Kerja/ Foto: Freepik.com/ pressfoto

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tanda Kamu Harus Segera Resign/Foto: Freepik.com/ pressfoto

Menurunnya motivasi kerja akan sangat berdampak pada produktivitas dan performa dalam bekerja. Beberapa faktor yang membuat tingkat motivasi kerja menurun antara lain tidak ada jenjang karier, tidak ada kenaikan gaji setelah bertahun-tahun bekerja, pekerjaan terlalu monoton, lingkungan kerja yang tidak sehat, serta tidak ada bonus tahunan dan bonus kinerja.

Beauties, jika kamu merasa kehilangan motivasi kerja, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa kamu harus segera resign dan memulai pekerjaan baru.

Merasa Cemas Setiap Pergi Bekerja
Ilustrasi merasa cemas/ Foto: Freepik.com/freepik

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tanda Kamu Harus Segera Resign/Foto: Freepik.com/freepik

Kecemasan yang terjadi setiap ingin pergi bekerja adalah pertanda bahwa ada yang salah dengan pekerjaanmu. Jika terus-menerus terjadi seperti itu, kamu harus mencari tahu apa penyebabnya.

Apakah ada elemen-elemen tertentu yang membuat kamu kesulitan di tempat kerja? Jika terjadi hal tersebut, maka itu bisa menjadi tanda bahwa kamu harus segera resign. Kecemasan yang berlebih juga tidak baik untuk diri kita, karena akan memicu depresi.


Tidak Adanya Work-Life Balance
Dampak Sering Lembur/Foto: freepik.com

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tanda Kamu Harus Segera Resign/Foto: freepik.com

Selanjutnya, tanda bahwa kamu harus segera resign dari pekerjaan adalah tidak adanya work-life balance (keseimbangan kehidupan kerja). Kecenderungan bekerja tanpa henti tentunya akan membahayakan kondisi fisik dan mental, sehingga dapat mengganggu produktivitas dalam bekerja.

Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi tentunya sangat penting karena akan meningkatkan produktivitas karyawan, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta menurunkan resiko stres. Jika tempat kerjamu saat ini tidak menerapkan work-life balance, pertanda bahwa kamu harus segera resign!

Tidak Memiliki Kesempatan Belajar dan Bertumbuh
Cara bekerja lebih cerdas/Foto: Pexels/Olly

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tanda Kamu Harus Segera Resign/Foto: Pexels/Olly

Lingkungan kerja yang positif tentunya akan memberikan kamu peluang untuk berkontribusi positif terhadap perusahaan. Dalam bekerja, diperlukan tantangan agar kita dapat bertumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, setiap karyawan harus memiliki peluang untuk belajar lebih banyak terkait pekerjaan yang akan dilakukan.

Tetapi, sering kali perusahaan membatasi dan tidak memfasilitasi karyawannya untuk melakukan pembelajaran dan pengembangan karier. Hal itu akan membuat potensi karyawan dalam bekerja terhambat. Ini bisa jadi pertimbangan untuk resign dari pekerjaanmu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.



(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *