Berita

Potret Selebriti Dukung Palestina di Festival Film Cannes 2024, Bella Hadid Pakai Gaun Kufiya

×

Potret Selebriti Dukung Palestina di Festival Film Cannes 2024, Bella Hadid Pakai Gaun Kufiya

Share this article


Selama hampir dua pekan ini, semua mata tertuju ke satu kota di Prancis selatan yang indah. Festival Film Cannes, salah satu pekan paling bergengsi di dunia perfilman global, kembali diselenggarakan.

Para bintang film, sutradara, dan penulis terbaik hadir di sana. Demikian pula para artis dan model tersohor, salah satunya Bella Hadid.

Dengan sorotan media yang besar, Bella menggunakan kesempatan tersebut untuk kembali menyuarakan dukungannya pada Palestina.

[Gambas:Instagram]

Sejak lama Bella memang vokal terhadap isu-isu Palestina. Model yang kini tengah merintis bisnis kecantikan Orebella itu masih memiliki darah Palestina dari garis keturunan ayahnya.

Di media sosial, Bella kerap membagikan informasi untuk meningkatkan kepedulian netizen pada rakyat Palestina, yang tengah berjuang meraih kemerdekaan. Sementara di keseharian nyata, ia beberapa kali menunjukkan dukungan dan kecintaannya pada negara tersebut dengan mengenakan sesuatu yang berhubungan dengan Palestina.

Misalnya yang tampak di salah satu momen Festival Film Cannes 2024. Setelah tahun lalu absen dan mengumumkan dirinya pensiun dari dunia modelling, Mei ini Bella Hadid secara cukup mengejutkan hadir meramaikan acara bergengsi tersebut.

Bella menampilkan banyak gaun mewah di karpet merah, menyaksikan perdana film The Apprentice hingga L’Amour Ouf. Di sela-sela jadwalnya, ia menghabiskan waktu dengan jalan-jalan di sekitar Cannes, mengenakan gaun kufiya. Kufiya atau sering juga dieja keffiyeh, merupakan kain scarf yang jadi salah satu simbol perjuangan rakyat Palestina.





Bella Hadid/ Foto: instagram.com/mille_world

Gaunnya terbuat dari kain kufiya merah-putih yang ikonis bermotif daun zaitun, jaring ikan, dan garis tepi tebal. Tampilannya vintage dengan potongan halter neck yang dalam dan rok ruffle asimetris yang bertumpuk. Rumbai-rumbai kufiya tetap dipertahankan untuk menghiasi bagian bawah dan area dada.

Gaun kufiya tersebut merupakan koleksi busana dari tahun 2001 rancangan desainer Iran, Hushidar Mortezaie yang sekaligus co-founder Michael and Hushi. Sambil menikmati es krim di siang hari, Bella berpose di tepi pantai, memamerkan tampilannya yang dilengkapi leather mules dan kacamata persegi ala gaya Y2K. Anting bulatnya dari Monica Vinader dan scrunchie bunga besarnya dari Sandy Liang.

Bella Hadid tidak sendiri, beberapa artis yang lain juga tampak menunjukkan dukungannya pada Palestina di Festival Film Cannes 2024. Bagaimana cara mereka menunjukkan dukungannya?

Pin Palestina
CANNES, FRANCE - MAY 15: Leïla Bekhti attends the

Leila Bekhti/ Foto: Getty Images/Lionel Hahn

Menyematkan pin Palestina di baju adalah cara paling simpel tapi efektif untuk menunjukkan dukungan. Banyak selebriti di Festival Film Cannes 2024 yang memilih cara ini.

Leila Bekhti 

[Gambas:Instagram]

Leila Bekhti, aktris Prancis berdarah Aljazair, menyematkan pin hati semangka di kerah gaun blazer hitamnya.

Guy Pearce 

[Gambas:Instagram]

Guy Pearce, aktor dan musisi Australia kelahiran Inggris, menyematkan pin bendera Palestina yang klasik di kerah jasnya.

Jasmine Trinca 

[Gambas:Instagram]

Jasmine Trinca, aktris Italia, menyematkan pin bendera Palestina di kerah kemeja hitam lengan pendeknya yang bercorak bunga besar.

Gilles Porte

[Gambas:Instagram]

Sutradara dan penulis naskah, Gilles Porte menyematkan pin bordir semangka di kerah jasnya. Semangka telah menjadi simbol perjuangan kemerdekaan Palestina karena warnanya dianggap mirip dengan bendera negara tersebut.

Desain dan Motif
Cate Blanchett hadir di premiere film 'The di Cannes Film Festival 2024, Senin (20/5/2024).

Cate Blanchett/ Foto: Daniel Cole/Invision/AP/Daniel Cole

Seperti Bella Hadid, selebriti lain juga ada yang menunjukkan dukungannya pada Palestina lewat detail pakaian. Mereka menyertakan desain dan motif yang berkaitan dengan Palestina pada busana masing-masing.

Cate Blanchett 




Cate Blanchett hadir di premiere film 'The di Cannes Film Festival 2024, Senin (20/5/2024).Cate Blanchett hadir di premiere film ‘The di Cannes Film Festival 2024, Senin (20/5/2024)./ Foto: Daniel Cole/Invision/AP/Daniel Cole

Bintang Hollywood Cate Blanchett dengan cerdik membuat gaunnya dalam tiga warna, yakni hitam, merah muda, dan hijau, yang bisa menyatu dengan karpet merah sehingga memberikan ilusi bendera Palestina. Warna merah muda yang tipis terkesan seperti warna putih ketika bersanding dengan warna merah pekat. Gaun ini merupakan gaun custom Jean Paul Gaultier rancangan Haider Ackermann.


Pascale Kann

[Gambas:Instagram]

Pascale Kann, aktris Prancis, mengenakan busana koleksi SS24 dari Trashy Clothing, label Palestina. Ia tampil serba hitam, dengan atasan halter neck yang bertuliskan ‘Palestina’ dalam ejaan bahasa Arab.

Asmae El Moudir 

[Gambas:Instagram]

Sutradara Maroko, Asmae El Moudir tampak ceria memamerkan glove hitam yang telapak tangannya dihias kain bendera Palestina.

Jinjingan
Kani Kusruti

Tas semangka Salt Studio/ Foto: Instagram.com/saltstudio

Selanjutnya, ada pula selebriti yang membawa jinjingan bertema Palestina.

Kani Kusruti

[Gambas:Instagram]

Dialah Kani Kusruti, aktris India yang membintangi film All We Imagine as Light. Pada pemutaran perdana film tersebut di Cannes, Kani Kusruti membawa tas berbentuk semangka dari label Salt Studio. Dengan mengenakan gaun putih, tasnya tampak mencolok di karpet merah Festival Film Cannes 2024.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *