Berita

Selain Atasi Insomnia, Ini Sederet Manfaat Konsumsi Teh Chamomile Sehari-hari

×

Selain Atasi Insomnia, Ini Sederet Manfaat Konsumsi Teh Chamomile Sehari-hari

Share this article


Beauties punya masalah gangguan sulit tidur dan gelisah yang kerap membuat kamu terjaga sepanjang malam? Teh chamomile bisa menjadi jawaban dan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Teh herbal ini terbuat dari bunga chamomile yang telah dikeringkan. Bunga chamomile mempunyai bentuk mungil berwarna putih, namun memiliki segudang manfaat baik. Kandungan flanovoid, antikoagulan, dan antioksidan yang tingga pada tanaman herbal ini berguna untuk kesehatan tubuh.

Tak heran kalau teh satu ini sangat terkenal dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, terdapat manfaat lainnya yang bisa didapat dengan rutin minum teh chamomile seperti dilansir dari Healthline. Apa saja? Yuk, simak!

1. Tidur Lebih Nyenyak

Tidur lebih nyenyak/ Foto: Freepik.com/benzoix

Teh chamomile dikenal akan khasiatnya yang baik untuk mengatasi insomnia dan membantu tidur jadi lebih nyenyak. Dalam secangkir teh chamomile mengandung apigenin, serta antioksidan yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia.

Seseorang yang rutin mengonsumsi teh chamomile sebelum tertidur diketahui memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Bahkan, bisa membantu mengurangi kebiasaan terbangun di malam hari dan memiliki waktu tidur 15 menit lebih cepat dari biasanya.

2. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Mengurangi stres dan kecemasan/ Foto: Freepik.com/freepik

Beauties memiliki masalah gangguan kecemasan atau stres? Menikmati secangkir teh chamomile bisa menjadi pilihan tepat. Teh chamomile dikenal akan manfaatnya yang dapat merilekskan tubuh dan menjadi obat penenang alami yang efektif.

Aroma bunga chamomile yang harum ampuh untuk menenangkan pikiran dan mengatasi gejala kecemasan berlebih dengan mengurangi masalah insomnia dan memberikan ketenangan.

3. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan pencernaan/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Minum teh chamomile terbukti efektif untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi risiko perut sembelit, diare dan mual. Ekstrak bunga chamomile memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang terkenal ampuh menjaga kesehatan pencernaan secara menyeluruh.

Selain itu, kandungan anti-inflamasi dari secangkir teh chamomile dapat mengurangi keasaman lambung dan menghambat pertumbuhan bakteri yang berkontribusi pada perkembangan maag.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan perlu dibarengi dengan konsumsi makanan sehat dan bersih. Makanan tinggi serat, mineral dan vitamin akan membuat pencernaan kamu selalu sehat dan lancar.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Mengurangi risiko kanker/ Foto: Freepik.com/freepik

Dalam teh chamomile terdapat kandungan antioksidan apigenin yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker jenis tertentu. Senyawa apigenin di dalamnya telah terbukti mampu melawan sel kanker, terutama pada payudara, saluran pencernaan, prostat dan rahim.

Mengutip dari Healthline, orang yang rutin meminum teh chamomile 2-6 kali seminggu memiliki kemungkinan terkena kanker lebih kecil dibandingkan yang tidak mengonsumsinya sama sekali.


5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung/ Foto: Freepik.com/freepik

Teh chamomile diperkaya akan flavon, sejenis antioksidan yang berfungsi untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Flavon memiliki potensi menurunkan tekanan darah dan kolesterol, termasuk trigliserida dan kolesterol LDL atau jahat.

Oleh karena itu, minum teh chamomile secara teratur dipercaya dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap stabil, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, serta mengendurkan pembuluh darah dan arteri.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh/ Foto: Freepik.com/benzoix

Selain rutin berolahraga dan konsumsi makanan sehat, meningkatkan daya tahan tubuh juga memerlukan booster yang ampuh agar aktivitas sehari-hari tetap nyaman dan tidak terganggu. Maka, mengonsumsi teh chamomile bisa menjadi solusi yang tepat.

Dalam teh chamomile terdapat sifat antibakteri yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif. Selain itu, chamomile merupakan salah satu teh non-kafein yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

7. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Membantu detoksifikasi tubuh/ Foto: Freepik.com/freepik

Teh chamomile memiliki sifat diuretik ringan yang ampuh membantu mengeluarkan racun dan kelebihan air di dalam tubuh. Detoksifikasi ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan metabolisme, mengurangi kembung, dan menurunkan berat badan.

Jika diminum rutin, bisa membantu Beauties mencapai berat badan ideal dengan cepat. Namun, ingat, perlu dibarengi dengan makan makanan sehat dan menjaga kualitas tidur yang cukup setiap hari.

8. Mengontrol Gula Darah

Mengontrol gula darah/ Foto: Freepik.com/xb100

Minum teh chamomile dianggap dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan. Sifat anti-inflamasi di dalamnya dapat mencegah kerusakan sel-sel pankreas, yang biasa terjadi saat kadar gula darah meningkat secara drastis.

Kesehatan pankreas memiliki peran penting untuk menghasilkan insulin, hormon yang bertanggungjawab untuk mengurangi gula darah.

9. Meredakan Nyeri Menstruasi

Meredakan nyeri menstruasi/ Foto: Freepik.com/freepik

Menurut sebuah penelitian, teh chamomile memiliki sifat pereda nyeri dan antispasmodik yang berfungsi untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat kram dan nyeri menstruasi. Chamomile dinilai mampu merilekskan rahim dan mengurangi produksi prostaglanding, yakni hormon yang menyebabkan peradangan dan nyeri.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *