Berita

4 Macam Masker Lidah Buaya DIY untuk Ragam Masalah Kulit Berbeda

×

4 Macam Masker Lidah Buaya DIY untuk Ragam Masalah Kulit Berbeda

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Tanaman yang akrab disebut aloe vera ini dikenal mengandung banyak nutrisi.

Dikutip dari Maed.co, senyawa nabati di kandungan lidah buaya dapat menenangkan kulit kemerahan dan kaya akan antioksidan.

Penelitian menunjukkan tanaman berwarna hijau ini mampu merangsang produksi metallothionein, sehingga mampu mencegah timbulnya luka bakar akibat sinar matahari.

Berikut Cantika telah merangkum manfaat lidah buaya hingga ramuan Do it yourself (DIY) masker lidah buaya sesuai dengan jenis kulit wajah kamu, yuk simak!

Manfaat lidah buaya

1. Merangsang produksi kolagen untuk mempercepat penyembuhan luka. serta mengurangi pembentukan jaringan parut

2. Membuat kulit tampak lebih kenyal dan mencegah keriput

3. Membantu melembapkan kulit, sehingga terlihat lembut dan halus

4. Memiliki sifat anti-acne dan enam senyawa antiseptil yang mampu menangkal jamur, bakteri dan virus

Cara membuat masker lidah buaya

Selanjutnya, Anda bisa langsung membuat masker wajah dari lidah buaya di rumah sesuai jenis kulit, berikt informasi selengkapnya: 

1. Kulit normal

Jika kamu memiliki jenis kulit normal, cukup haluskan 2 sendok makan gel lidah buaya hingga berubah bentuk menjadi pasta. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selam 15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

2. Kulit kering dan iritasi

Campurkan 1 sendok makan aloe vera gel dan dua sendok makan bubuk oat. Aduk hingga berubah bentuk menjadi pasta. Selanjutnya, balurkan ke seluruh permukaan wajah. Tunggu hingga 15 menit, lalu bersihkan menggunakan air hangat.

Kombinasi oatmeal dan lidah buaya mampu mengurangi penumpukan sel kulit mati serta mengatasi kemerahan akibat iritasi.

3. Kulit berminyak

Madu merupakan antiseptik alami dan memiliki sifat astringen untuk mengurangi minyak berlebih. Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok madu dengan 1 sendok makan gel lidah buaya hingga berubah bentuk menjadi pasta. Balurkan ke area wajah lalu diamkan selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Dua bahan alami ini dapat menyeimbangkan ph kulit wajah, sehingga tampak lebih sehat.

4. Kulit sensitif

Sementara bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif bisa siapkan wadah, lalu masukkan 1 sendok makan gel lidah buaya dan hancurkan 1/4 buah pisang besar menggunakan garpu.

Campur kedua bahan tersebut hingga berubah bentuk menjadi pasta, kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah. Tunggu selama 15 menit dan bersihkan menggunakan air bersih.

Kombinasi pisang dan lidah buaya kaya akan kalium, antioksidan, dan vitamin C sehingga dapat mengunci nutrisi dan menjaga menenangkan kulit sensitif.

Itu dia manfaat hingga cara membuat masker lidah buaya untuk berbagai permasalahan kulit. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: Me Time ala Merdianti Octavia: Perawatan Rambut dengan Lidah Buaya

MAED.CO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *