Berita

Lifree Rilis Popok Dewasa dengan 100% Bahan Bersirkulasi, Pertama di Indonesia!

×

Lifree Rilis Popok Dewasa dengan 100% Bahan Bersirkulasi, Pertama di Indonesia!

Share this article


Setiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN).

Mengutip Kementerian Sosial Republik Indonesia, peringatan ini hadir untuk mengapresiasi atas semangat jiwa raga serta peran penting strategi para lanjut usia Indonesia, dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa. 

Berbarengan dengan bentuk dukungan untuk para lansia, Lifree yakni brand popok dewasa dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk, meluncurkan popok dewasa dan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan 100% bahan breathable (bersirkulasi) “Lifree Popok Perekat”

Lifree Popok Perekat Hadir untuk Bantu Atasi Dekubitus pada Lansia di Indonesia

Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Kehadiran Lifree Popok Perekat berangkat dari rasio kejadian luka dekubitus di Indonesia yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain di ASEAN, yakni mencapai 33%. Hal ini menjadikan luka dekubitus sebagai salah satu isu sosial di Indonesia. 

Bertepatan dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke 2024 hari ini dengan mengusung tema Kesehatan “Lansia sehat dan berdaya untuk Indonesia Emas”,  dr. Nida Rohmawati, MPH sebagai Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menekankan pentingnya peran keluarga dan tenaga kesehatan dalam perawatan lansia terutama yang memerlukan perawatan jangka Panjang untuk pencegahan dekubitus. 

Di samping itu, dr. Rinadewi Astriningrum Sp.D.V.E., Subsp.D.A dari KSDGI menyampaikan, lansia dengan kondisi tirah baring yang mobilitas terbatas, memiliki risiko terkena luka dekubitus lebih tinggi, apalagi dalam jangka waktu lama.

“Hal ini dapat diperparah jika menggunakan popok dengan sirkulasi udara yang tidak baik, karena kulit menjadi pengap dan rentan terhadap iritasi. Oleh karena itu, popok yang sirkulasi udaranya baik efektif untuk mencegah terjadinya luka dekubitus,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Jajang Rahmat Solihin, M.Kep,Sp.Kep Kom selaku Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DKI Jakarta mengatakan hal yang sama, dan penting untuk pemilihan popok dewasa yang tepat.

“Penting untuk merubah posisi tubuh secara berkala. Selain itu, memilih popok yang memiliki sirkulasi udara yang baik, serta membasuh kulit di sekitar area luka dekubitus dengan air hangat secara perlahan juga tidak kalah penting,” kata Jajang Rahmat Solihin.

Melanjutkan inisiatif di tahun 2023 melalui kolaborasi pertama di Indonesia antara pihak Pemerintah, produsen dan akademisi melakukan riset bersama Clinical Research Supporting Unit – Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (CRSU-FKUI), akhirnya membuat Lifree meluncurkan popok dewasa pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan 100% bahan breathable.

“Luka dekubitus telah menjadi salah satu masalah sosial di Indonesia. Hal ini terbukti dari hasil riset yang kami lakukan, dimana kebutuhan konsumen terhadap popok yang tidak menimbulkan ruam cukup tinggi,” ujar Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk Takumi Terakawa.

“Karena itu, melanjutkan upaya di tahun 2023 dengan melakukan riset bersama CRSU-FKUI menuju (0) nol luka dekubitus, bertepatan dengan Hari Lanjut Usia Nasional di tahun ini, kami meluncurkan Lifree Popok Perekat yang telah diperbarui, pertama dan satu-satunya di Indonesia menggunakan 100% bahan breathable. Lifree Popok Perekat dengan sirkulasi udara yang baik, mencegah terjadinya iritasi kulit dan kulit lembap. Kami bertekad untuk terus mendukung kehidupan pengguna popok dan perawat, serta keluarganya yang sehat dan bahagia,” lanjutnya. 


Lifree Popok Perekat Telah Diuji Langsung pada Beberapa Pasien
Lifree luncurkan popok dewasa 100% bersirkulasi pertama di Indonesia

Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

PihakLifree telah secara langsung menguji penggunaan Lifree Popok Perekat pada pasien dan perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bekasi, dan Rumah Sakit Atmajaya di Jakarta. Hasilnya, seluruh perawat yang berpartisipasi dalam pengujian ini sepakat “sirkulasi udaranya bagus” “tidak menyebabkan ruam” serta “pasien merasa lebih nyaman”.

Lifree Popok Perekat terbukti dapat mengurangi kelembapan kulit di area sekitar perut (skin moisture) hingga 25% dibanding menggunakan popok perekat biasa berbahan vinyl. Lalu, kelembapan (humidity) di dalam popok juga membaik 23% dibanding popok perekat biasa. Hal ini disampaikan oleh dr. Eva dari Rumah Sakit Atmajaya. 

“Popok yang selama ini digunakan sirkulasi udaranya kurang baik, sehingga keluarga pasien harus membeli salep untuk mengatasi gatal dan ruam. Meski begitu, masalah kulit yang dialami konsumen tidak terselesaikan. Lifree Popok Perekat dengan 100% material breathable dapat mengurangi masalah kulit dan beban perawatan, misalnya keluarga pasien tidak lagi harus membeli obat perawatan kulit, beban perawatan berkurang dan kualitas hidup pasien meningkat,” kata Dokter Eva Suryani,M.D.,Psychiatrist sebagai Director of Education & Research di Rumah Sakit Atmajaya.




Lifree luncurkan popok dewasa 100% bersirkulasi pertama di IndonesiaPembuktian Lifree dengan 100% bahan bersirkulasi/ Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Kesimpulan dari uji beberapa rumah sakit, dr. Rinadewi menyampaikan popok dewasa dari Lifree ini efektif sebagai pencegahan luka dekubitus yang rawan diderita lansia di Indonesia. 

“Dari hasil tes di beberapa Rumah Sakit didapatkan hasil yang sangat baik, dan dapat disimpulkan bahwa penanganan pasien menggunakan Lifree Popok Perekat dengan 100% material breathable efektif untuk mencegah luka dekubitus” ucap dr. Rinadewi Astriningrum Sp.D.V.E., Subsp.D.A.

Titiek Puspa sebagai Brand Ambassador pun turut memberikan komentarnya, terkait Lifree Popok Perekat.

“Lifree Popok Perekat yang baru dengan 100% bahan breathable, selain anti bocor juga sirkulasi bagus sehingga tidak lembab, dan terasa lebih adem ketika dipakai,” katanya. 

Nah Beauties, Lifree Popok Perekat tersedia dalam ukuran M, L dan XL, tersedia di  Minimarket, pasar tradisional, supermarket, Apotik dan rumah sakit, serta official store Lifree di semua marketplace E-commerce mulai pertengahan bulan Juni 2024. Yuk jaga kesehatan orang tersayangmu dengan penggunaan Lifree Popok Perekat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *