Berita

Detail Kebaya Raline Shah Karya Sapto Djojokartiko, Motif Ukiran Kayu Jawa yang Dibuat 1.200 Jam

×

Detail Kebaya Raline Shah Karya Sapto Djojokartiko, Motif Ukiran Kayu Jawa yang Dibuat 1.200 Jam

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Desainer asal Indonesia Sapto Djojokartiko menarik perhatian internasional dengan penampilan luar biasa dari desainnya yang menghiasi karpet merah pada upacara penutupan Festival Film Cannes 2024. Penampilan Raline Shah yang mengenakan kebayanya  mendapat sambutan luas dari publik. Raline berbalut kebaya Adat Yayi Darpana dan Rimpang Puan Kitten Heels.

Kisah di balik kebaya dimulai dengan diskusi antara direktur kreatif Sapto Djojokartiko dan Raline. Dia mempercayakan desain dan keseluruhan penampilannya sepenuhnya kepada Sapto, meminta agar di antara penampilan Cannes-nya, ada satu yang mewakili tradisional pakaian Indonesia. 

Melalui siaran pers, Jumat, 31 Mei 2024, Sapto mengakomodasi hal tersebut, ia terinspirasi dari warisan budaya ditampilkan di ajang internasional seraya juga menciptakan desain yang serasi dipadukan dengan perhiasan Raline.  

Kebaya yang dibuat khusus dibuat Sapto Djojokartiko dengan cermat dari bahan ciri khas Sapto Djojokartiko, menciptakan kain seperti renda yang melengkapi pakaian nuansa ringan dan halus. Ini menampilkan bordir dan menampilkan #SAPTOJOPattern Yayi Darpana, memadukan motif Yayi dengan mulus, terinspirasi dari ukiran kayu Jawa, dengan motif Darpana yang melambangkan padi dan kapas, sehingga merangkum tradisi.

Proses rumit pembuatan kebaya ini memakan waktu kurang lebih 1.200 jam keahlian yang berdedikasi. Di luar unsur warisan kebaya itu sendiri, gaya penutup Raline memakai kain ulos yang dipilih secara khusus karena Raline berasal dari Medan, tempat Ulos menyimpan makna budaya. 

Penyertaan yang bijaksana ini meningkatkan kekayaan tradisional sekaligus berpadu sempurna dengan ciri khas Nada tiram. Melengkapi tampilannya adalah Rimpang Puan Kitten Heels, yang menambahkan sentuhan halus pada penampilan karpet merahnya.

Dengan membawa fashion Indonesia ke salah satu festival film paling bergengsi di dunia, Sapto Djojokartiko dan Raline Shah memamerkan bakat masing-masing saat berpromosi keindahan dan kecanggihan budaya Indonesia di kancah internasional. 

Pilihan Editor: Gaya Fashion Raline Shah Berbalut Busana dari Desainer Lokal di Festival Film Cannes 2024

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *