Berita

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Merasa Insecure, Jangan Suka Dilakukan!

×

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Merasa Insecure, Jangan Suka Dilakukan!

Share this article


Kamu pasti ingin bisa selalu tampil percaya diri dan bahagia dengan diri sendiri, bukan? Tapi, tidak bisa dipungkiri, terkadang ada saja beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat dirimu merasa insecure.

Nah, biar nggak nyesel kemudian hari, kenali dan hindari 5 kebiasaan yang bisa bikin insecure berikut ini. Simak!

1. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain/Foto: Freepik/Drobotdean

Membandingkan diri dengan orang lain adalah kebiasaan yang dapat membuat kamu merasa insecure. Media sosial sering menjadi sumber perbandingan yang tidak sehat, di mana orang hanya membagikan potongan kehidupan yang terlihat sempurna.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang punya perjalanan hidup dan keunikan masing-masing. Fokuslah pada dirimu sendiri dan apresiasi kelebihan yang kamu miliki!

2. Terlalu Sering Mengkritik Diri Sendiri

Terlalu sering mengkritik diri sendiri/Foto: Freepik/Pressfoto

Ternyata terlalu mengkritisi diri sendiri lama-kelamaan dapat berdampak tidak baik loh, Beauties. Jangan sampai kamu mengkritisi diri sendiri secara berlebihan, sebab terlalu sering mengkritik diri sendiri dapat membuat kamu merasa down dan insecure.

Terkadang kalimat kritikan yang dapat membunuh diri sendiri dapat berupa, “Ih kamu lemah banget sih, ayo coba lagi!” atau “Cengeng amat, ah. Baru dibentak gitu doang udah nangis.”

Tanpa disadari kalimat semacam itu bisa memupuk rasa insecure karena sama halnya kamu telah memvalidasi diri bahwa dirimu adalah orang yang lemah. Cobalah untuk lebih bersikap ramah pada dirimu sendiri dan fokus pada hal-hal yang lebih positif.

3. Bergantung pada Validasi Orang Lain

Bergantung pada validasi orang lain/Foto: Freepik/Rawpixel

Merasa insecure juga bisa disebabkan karena terlalu bergantung pada pendapat orang lain. Jika dibiarkan, kebiasaan ini secara perlahan dapat merusak kepercayaan diri, loh. Ingat, yang paling penting adalah bagaimana kamu melihat dirimu sendiri, bukan apa yang orang lain pikirkan tentangmu.


4. Terlalu Menggantungkan Kebahagiaan pada Orang Lain

Terlalu menggantungkan kebahagiaan pada orang lain/Foto: Freepik/Drazen Zigic

Saat kamu terlalu bergantung pada orang lain untuk merasa bahagia, artinya kamu telah memberikan kendali atas kebahagiaan tersebut kepada faktor eksternal yang tidak selalu dapat kamu kontrol. Hal ini bisa menyebabkan kamu merasa tidak berdaya dan tidak memiliki kontrol atas kehidupanmu sendiri.

Penting untuk memahami bahwa kebahagiaan itu sesungguhnya datang dari dalam dirimu sendiri, bukan dari pengakuan orang lain. Dengan membangun kebahagiaan internal yang kuat melalui pengembangan minat, hobi, dan hubungan yang sehat dengan diri sendiri, kamu pasti dapat merasa lebih aman dan percaya diri dalam menjalani hidup.

5. Suka Negative Thinking

Suka negative thinking/Foto: Freepik/8photo

Saat kamu cenderung berpikir negatif tentang diri sendiri, kemampuan, atau masa depan, artinya kamu merendahkan diri dan meragukan potensi dalam dirimu. Hal ini dapat menciptakan lingkaran buruk yang dapat memengaruhi perilaku dan emosi kamu secara negatif dan merasa rendah diri.

Cobalah untuk mengidentifikasi pikiran negatif kamu dan mulailah fokus pada hal-hal yang baik tentang dirimu. Dengan melatih pikiran untuk berpikir positif, kamu dapat meningkatkan kepercayaan diri dan merasa lebih baik.

Jadi, jangan biarkan kebiasaan-kebiasaan ini menghalangi kamu dalam meraih kebahagiaan, ya, Beauties. Yuk, mulai dari sekarang, tinggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut dan fokus pada langkah positif menuju diri yang lebih baik dan lebih percaya diri. Kamu pantas untuk merasa hebat dan dihargai!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *