Berita

6 Cara Membangun Ikatan dengan Kerabat yang Sulit Didekati

×

6 Cara Membangun Ikatan dengan Kerabat yang Sulit Didekati

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Ada saat-saat ketika Anda ingin membangun ikatan dengan kerabat, tapi hal itu terasa mustahil. Anda merasa upaya Anda hanya sepihak, membuat Anda lelah dan kecewa dengan perilaku mereka. Rasanya seperti mereka terus-menerus mendorong Anda menjauh setiap kali Anda mencoba mendekati. Bila hal itu yang tengah Anda hadapi, berikut ada beberapa tips yang patut dicoba untuk membangun hubungan dengan mereka.

1. Mencari kesamaan minat 

Berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk mengeksplorasi topik dan aktivitas yang Anda berdua nikmati atau lakukan dengan nyaman. Baik itu berbagi acara TV atau film favorit, mendiskusikan hobi mereka, menikmati makanan bersama, berjalan-jalan atau berkendara, atau sekadar mengobrol tentang pengalaman menarik atau kenangan.

Menghabiskan waktu berkualitas bersama dan terlibat dalam aktivitas yang mempererat hubungan dapat meningkatkan hubungan yang lebih dalam dengan kerabat yang Anda anggap sulit. Interaksi ini memberikan peluang untuk saling pengertian dan pada akhirnya dapat memperkuat hubungan Anda. Kuncinya adalah menciptakan interaksi positif yang membangun ikatan.

2. Mendengarkan secara aktif

Saat kerabat Anda berbicara, lakukan upaya sadar untuk memberikan perhatian penuh kepada mereka. Tunjukkan minat yang tulus dengan mengesampingkan gangguan seperti telepon atau aktivitas lain, tunjukkan bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka katakan.

Selain itu, hindari menyela mereka, apa pun perbedaan pendapat atau sudut pandang yang Anda miliki. Sebaliknya, tunggulah dengan sabar sampai mereka selesai berbicara dan setelah selesai, dekati percakapan dengan pikiran terbuka dan kemauan untuk memahami sudut pandang mereka.

Hal ini menunjukkan rasa hormat dan dapat berkontribusi pada interaksi yang lebih positif dan bermakna.

3. Berempati

Memahami perasaan seseorang dengan pikiran terbuka, tanpa persepsi dan penilaian sebelumnya, sangat penting untuk membangun hubungan yang kuat berdasarkan kepercayaan dan rasa hormat bersama. Ini melibatkan empati, kecerdasan emosional, kasih sayang, dan keberanian untuk menempatkan diri pada posisi mereka untuk memahami perilaku mereka.

Cobalah memvalidasi perasaan dan sudut pandang mereka, meskipun hal tersebut tidak sejalan dengan keyakinan Anda. Menerapkan pendekatan ini dapat meningkatkan hubungan Anda dengan mereka, menunjukkan kesediaan Anda untuk menerima dan menghormati mereka serta keyakinan mereka.

Ini adalah salah satu cara ampuh untuk menciptakan ikatan dengan anggota keluarga atau kerabat yang sulit didekati.

4. Hormati batasan

Menghargai ruang pribadi, batasan, dan preferensi penting untuk membuat orang lain merasa nyaman dan percaya diri di sekitar Anda. Tindakan sederhana seperti berhati-hati untuk tidak memasuki ruang pribadinya secara tidak sengaja, tidak terlibat dalam diskusi topik yang mereka anggap menyinggung, dan menghindari aktivitas yang tidak nyaman bagi mereka, semuanya menunjukkan rasa hormat terhadap keinginan mereka.

Penting untuk tidak mengambil batasan mereka secara pribadi dan mencari cara alternatif untuk berhubungan dengan mereka yang membuat mereka nyaman. Langkah ini menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka, sehingga dapat memperkuat ikatan Anda.

Dengan bersikap bijaksana dan penuh perhatian, Anda menciptakan lingkungan yang aman dan positif di mana mereka bisa menjadi diri sendiri juga mempercayai Anda dengan lebih terbuka.

5. Tindakan kecil yang penuh perhatian

Tindakan kecil yang penuh kebaikan dan kasih sayang, seperti mengirimkan pesan singkat untuk memeriksanya, menawarkan dukungan, dorongan, atau bantuan dalam tugas-tugas seperti pekerjaan rumah atau keperluan kecil, dan mengirimkan hadiah atau kartu yang penuh arti pada acara-acara penting seperti ulang tahun atau hari jadi, mungkin tampak tidak berarti namun memiliki nilai besar dalam membangun hubungan yang kuat.

Isyarat ini menunjukkan kesediaan dan upaya Anda untuk terhubung dengan mereka dan membuat mereka merasa dihargai. Dengan melakukan tindakan kebaikan secara acak ini, Anda secara bertahap dapat memperkuat ikatan Anda dengan mereka seiring berjalannya waktu.

6. Harapan dan kesabaran yang realistis

Pahami bahwa membangun ikatan dengan seseorang membutuhkan waktu dan tidak akan terjadi dalam semalam. Bersikaplah realistis tentang apa yang dapat Anda capai dan harapan Anda, serta secara konsisten fokus untuk membuat kemajuan dari waktu ke waktu tanpa berkecil hati.

Selain itu, rayakan kemenangan kecil dan tetap berkomitmen untuk meningkatkan hubungan, bahkan ketika merasa kewalahan dan tertantang. Membangun ikatan dengan seseorang bisa menjadi tantangan dan mungkin memerlukan waktu, namun bersabar dalam upaya Anda. Meskipun kemajuannya tampak lambat, pada akhirnya dapat menghasilkan ikatan yang indah.

Semoga tips membangun ikatan dengan kerabat yang sulit didekati di atas bisa membantu.

Pilihan Editor: Insecure Lihat Kakak Sulungnya, Ria Ricis Ungkap Alasannya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *