Berita

Alasan Sharena Delon Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak Sejak Kecil

×

Alasan Sharena Delon Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak Sejak Kecil

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta –  Selama ini pendidikan seks selalu dianggap tabu untuk dibicarakan dalam keluarga, khususnya orang tua kepada anak-anak mereka. Namun, tidak demikian dengan Sharena Delon yang punya gaya parenting dan prinsip pendidikan seks justru harus dimulai sejak anak-anak masih kecil. 

Bukan tanpa alasan, menurut istri Ryan Delon ini justru karena anggapan tabu maka ia ingin membahasnya pada anak-anak, sama seperti aku mengajarkan hal lainnnya.  “Apalagi ini menyangkut organ reproduksi mereka, dikenalkan sesuai namanya misal laki-laki punya penis sementara perempuan disebutnya vagina, bukan diganti dengan istilah lainnya,” ucap Sharena. 

Termasuk juga cara menjaga higienitasnya bagaimana sejak kecil sudah harus diajarikan Saat mereka masih dimandikan, dijelaskan anggota tubuh dia namanya poa saja, bagaimana cara membersihkan yang tepat. “Jadi saat mereka mandi sendiri, mereka sudah tahu dan aku benar-benar enggak mau mereka berpikir pengetahuan itu adalah hal yang tabu untuk dibahas karena memang tidak,” ujar ibu dua anak dari Ryshaka Dharma Situmeang dan Sea Dedari Situmeang ini. 

“Gimana anak kecil sih memang selalu banyak pertanyaannya dan aku, apapun apa yang mereka tanya aku kan berusaha jawab sebisa mungkin dan setepat mungkin. Jadi bukan dialusin-alusin. Of course tetap aku akan memberi tahu sesuai yang mereka tanya dan sesuai pemahaman mereka di usia mereka saat ini.”

Lantas dari mana orang tua mengetahui informasi perihal pendidikan seks? Tentu saja, lanjut Sharena dengan mencari informasi dan meng-upgrade-nya. Apalagi sekarang ini informasi begitu luas, bisa juga tanya kepada tenaga kesehatan jika merasa ragu. 

“Kalau aku pribadi memang rajin baca baca soal itu dan balik lagi ke fase umumnya mereka menjelaskan hal-hal private. Apa yang terbaik dan bagaimana cara mengomunikasikan dengan anak-anak yang berbeda karakternya. Walaupun intinya sama cuma cara penyampaian akan berbeda.” 

Menurut perempuan kelahiran 11 Oktober 1983 ini dengan informasi dasar sejak kecil akan berpengaruh pada sikap mereka untuk lebih saling menghargai dan melindungi dari masalah pelecehan seksual. “Justru kita yang harus mengajari terus daripada mereka mencari di tempat lain yang tidak jelas gitu, kan. Dan bagi anak-anakku sama sekali tidak tabu mendengar hal itu,” pungkasnya. 

Pilihan Editor: Sharena Delon bagi Tips Pernikahan Harmonis Agar Seperti Pengantin Baru

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *