Berita

Cara Menggunakan Face Mist yang Benar

×

Cara Menggunakan Face Mist yang Benar

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Saat Anda mencari penyegaran wajah di siang hari atau menambah hidrasi, face mist salah satu pilihannya. Hidrasi sangat penting untuk menjaga kulit Anda tetap awet muda dan bersinar, menurut Renée Rouleau, ahli kecantikan dan perawatan kulit selebriti dengan pengalaman lebih dari 30 tahun. 

“Sel kulit Anda seperti ikan dan membutuhkan air untuk hidup, jadi menggunakan face mist yang menghidrasi dengan cara yang benar bisa sangat bermanfaat,” ujarnya dikutip dari laman Byrdie.

Adapun menurut dokter kulit, Brendan Camp, face mist menawarkan sedikit hidrasi menyegarkan yang dapat langsung menghilangkan dahaga pada kulit.  “Beberapa face mist mengandung mineral atau nutrisi yang juga bermanfaat bagi kesehatan kulit,” katanya. Face mist juga bisa digunakan sebagai primer dalam pengaplikasian riasan.

Cara Menggunakan Face Mist

Gunakan face mist berbahan dasar air setelah membersihkan kulit Anda, menurut Rouleau. Setelah Anda membilas pembersih wajah, kulit Anda menjadi lembap karena air. Di saat itulah, Anda memiliki waktu 60 detik sebelum penguapan mulai terjadi, jadi penting untuk bergerak cepat.

“Idealnya, Anda harus menyemprotkan face mist ke kapas, lalu usapkan ke seluruh wajah Anda karena tindakan menyekalah yang secara fisik menghilangkan klorin, garam, dan mineral yang dapat membuat kulit dehidrasi. Jika Anda hanya menyemprotkannya, Anda tidak benar-benar menghilangkannya,” katanya.

Setelah menyeka kulit, Anda dapat menyemprotkan face mist beberapa kali agar terasa nyaman dan lembap, lalu melanjutkan ke serum dan pelembap. Kuncinya di sini adalah langkah terakhir adalah pelembap dengan emolien atau minyak pelindung yang berfungsi sebagai pelembap untuk menyegel kelembapan di kulit Anda.

Bahan-bahan yang Perlu Ada di Face Mist

Saat berbelanja face mist, carilah bahan yang sangat menghidrasi dan dapat membantu menguatkan kulit. Face mist disertakan dalam rangkaian perawatan kulit untuk menambah manfaat tambahan pada kulit, jadi kandungannya bervariasi tergantung pada masalah kulit yang menjadi sasaran: hidrasi, iritasi, peradangan, hingga anti penuaan menurut dokter kulit Rachel Nazarian.

Dia mengatakan face mist berbahan dasar air dan dapat meningkatkan penetrasi bahan-bahan yang mengikutinya dalam rangkaian perawatan kulit.

Berikut adalah beberapa bahan yang perlu ada di dalam face mist.

– Asam hialuronat adalah bahan utama untuk membantu merehidrasi kulit.

– Minyak biji raspberry hitam kaya akan omega dan membantu penguatan penghalang.

– Vitamin B3 dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan.

– Niacinamide dan vitamin C adalah salah satu antioksidan terbaik untuk menetralkan kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan.

– Probiotik dan prebiotik seperti Lactobacillus juga berperan penting membentuk mikrobioma kulit yang sehat.

– Tumbuhan seperti mint, mawar, lemon balm, rosemary, anggur, dan bunga jeruk memberikan sifat antioksidan, menghidrasi, dan antibakteri.

Apakah Face Mist Mengeringkan Kulit?

Face mist cukup populer karena menyegarkan dan membuat kulit terasa lembap secara instan, tetapi hanya bertahan dalam waktu singkat. Saat Anda menyemprot kulit dengan produk berbahan dasar air dan tidak mengoleskan pelembap di atasnya (untuk menyegel bahan-bahan yang menghidrasi), hal ini akan menghilangkan kelembapan dari kulit Anda. Semakin kering udaranya, semakin cepat proses penguapan terjadi.

“Kelembapan tersebut bertindak seperti magnet yang tertarik ke area yang paling kering, jadi menyemprotkan air pada kulit akan membuat kelembapan di dalam kulit Anda menguap, menjadikannya kencang, kering, dan dehidrasi,” kata Rouleau.

Dokter Nazarian menambahkan bahwa hanya ada sedikit efek samping dari penggunaan face mist atau esens kecuali bahan aktifnya secara alami agak mengiritasi. “Jika face mist mengandung bahan seperti asam pengelupas kulit seperti asam glikolat, atau retinol, risiko iritasi meningkat bila digunakan dalam bentuk ini karena diterapkan langsung ke kulit yang dibersihkan dengan cara meningkatkan penetrasi,” katanya.

Pilihan Editor: Perbedaan Face Mist dan Toner , Jangan Sampai Salah Pilih

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *