Berita

5 Tips yang Wajib Kamu Lakukan untuk Mengola Daging Kambing Menjadi Empuk

×

5 Tips yang Wajib Kamu Lakukan untuk Mengola Daging Kambing Menjadi Empuk

Share this article


Beauties, sebentar lagi Idul Adha tiba, sudah waktunya kita menyantap aneka daging kurban, baik sapi, domba, atau kambing. Namun, seringkali kita sulit untuk mengolanya menjadi kuliner yang empuk dan lezat. 

Jangan khawatir Beauties, karena ada beberapa cara untuk mengolahnya menjadi kuliner yang empuk dan lezat. Mulai dari cara memotongnya dan merendamnya dengan berbagai macam cara. Berikut tips yang dapat kamu coba, 

1. Potonglah Daging Secara Berlawanan

Seperti yang kita ketahui daging merah seperti, sapi, kambing, dan domba, bahkan kerbau memiliki serat. Jika kamu ingin mengolahnya, cobalah untuk memotong secara berlawanan dari arah serat daging tersebut. 

Hal ini bermanfaat untuk memendekkan serat yang terdapat pada daging. Dengan cara ini, daging akan lebih cepat empuk dan mudah dikunyah. 


2. Potong Daging Kecil-kecil

Ilustrasi memotong daging / Foto: Pexels.com / Brunogobofoto

Tips berikutnya adalah, memotong daging kecil-kecil. Tujuannya, hampir sama dengan memotong daging secara berlawanan. Selain mudah diolah, hal ini akan membuat daging lebih lezat untuk disantap, karena bumbu marinasi dapat menyerap sempurna.

3. Bungkuslah Daging dengan Daun Pepaya 

Menurut sebuah penelitian, daun pepaya dapat membuat daging menjadi empuk, hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung zat papain, yang mampu memecah protein. Bungkuslah daging dengan daun pepaya selama 30 menit, semakin lama kamu membungkusnya maka daging akan semakin empuk. 

 

4. Merendam Daging dengan Nanas
Ilustrasi daging/Foto: Freepik.com/freepik

Ilustrasi daging/Foto: Freepik.com/freepik

Nanas adalah buah yang dapat membantumu untuk mengolah daging menjadi empuk. Kamu dapat menghaluskannya terlebih dahulu dengan cara diparut atau diblender. Setelah itu, kamu bisa melumurinya ke semua bagian atau merendam daging selama 30 menit. 

Menurut laman Healthline buah nanas memiliki zat enzim bromelain yang berguna untuk memecah molekul protein pada daging, sehingga dapat membuat daging menjadi empuk. 

5. Rendamlah Daging dengan Teh

Tips yang terakhir adalah merendam daging dengan air  teh. Menurut laman Time of India, teh mengandung zat tanin yang mampu melunakkan daging. Agar hasilnya maksimal, pilihlah teh yang berwarna hitam, yang memiliki kadar tanin tinggi. 

Rendamlah daging ke dalam teh yang baru kamu seduh, jika ingin memiliki rasa, kamu bisa menambahkan bumbu sesuai seleramu, Beauties. 

Itulah lima tips mengolah daging Qurban saat Idul Adha menjadi empuk. Kamu ingin mencobanya yang mana, nih? 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *